Bulog Ajak Masyarakat Tanimbar Bermitra di Rumah Pangan Kita

Bulog Ajak Masyarakat Tanimbar Bermitra di Rumah Pangan Kita


Bulog Ajak Masyarakat Tanimbar Bermitra di Rumah Pangan Kita

Posted: 27 Jun 2018 04:47 PM PDT

Bulog Ajak Masyarakat Tanimbar Bermitra di Rumah Pangan Kita
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Saumlaki, Kabupeten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengajak masyarakat Kepulauan Tanimbar untuk menjalin kerjasama menjadi mitra "Rumah Pangan Kita".

Menurut Pelaksana Harian Kepala Gudang Bulog Saumlaki, Very Lerebulan, menjadi mitra Rumah Pangan Kita sangat menguntungkan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha dan juga sebagai perpanjangan tangan dari gudang bulog.

"Maksudnya kan kita jalin kerjasama, kalau ada mitra rumah pangan kita kan masyarakat tidak harus jauh-jauh datang ke sini (Gudang Bulog)," kata dia kepada Lelemuku.com di Kompleks Pergudangan Bulog Sifnana, Sub-Divre Tual,  Divre Maluku dan Malut di Jalan Boediono pada Selasa (26/6).

Ia mengungkapkan manfaat dari hadirnya banyak rumah pangan kita di tengah-tengah lingkungan masyarakat akan berpengaruh pada penstabilan harga pangan di Bumi Duan Lolat.

"Ketika semakin banyak mitra rumah pangan kita di lingkup orang banyak tentu akan berpengaruh pada harga pasar, itu pasti," ungkap Lerebulan.

Bagi yang ingin bermitra cukup melengkapi persyaratan, diantaranya foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Domisili Usaha dan dengan modal usaha sesuai kemampuan.

Gudang Bulog menawarkan komoditi unggulannya yang diberikan kepada mitra rumah kita dengan harga yang lebih murah.

Berikut rinciannya, beras premium dengan harga jual umum Rp13.600, sedangkan untuk mitra hanya sebesar Rp13.150, beras premium dengan harga jual umum Rp10.000 dan untuk mitra hanya Rp9.350, gula manis kita dengan harga jual umum Rp12.500 sedangkan untuk mitra Rp12.500, tepung terigu kita dengan harga jual umum Rp8.500 sedangkan untuk mitra Rp8.200 dan minyak goreng kita dengan harga jual umum sebesar Rp14.000 sedangkan untuk mitra hanya sebesar Rp13.600.

"Yang penting persyaratan lengkap dan untuk modal usahanya kami tidak patok harga, modalnya pun sesuai kemampuan dari pengusaha tersebut," tutup dia (Anna Aurmatin)

Murad Ismail dan Barnabas Orno Unggul di Berbagai Hitungan Cepat

Posted: 27 Jun 2018 04:43 PM PDT

Murad Ismail dan Barnabas Orno Unggul di Berbagai Hitungan CepatAMBON, LELEMUKU.COM - Pasangan Irjen Pol. Purn Murad Ismail  - Barnabas Orno unggul pada Pilgub Provinsi Maluku 2018 versi hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei diantaranya Index Indonesia, Lembaga Survey Indonesia (LSI) dan Indo Barometer. 

Hitung cepat versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan pasangan calon gubernur Murad Ismail-Barnabas Orno melesat dengan 44,40 persen dari total perhitungan suara di masing-masing TPS.

Melalui akses quick count yang ditampilkan melalui laman websitenya pada Kamis (28/6) pukul 03.00 WIT, LSI menyatakan Murad-Barnabas yang merupakan paslon yang diusung oleh PAN, PPP, PKPI, PKB, Hanura, Gerindra, NasDem, dan PDI Perjuangan ini jauh diatas dua pesaingnya.

Paslon nomor urut 1 pasangan petahana Gubernur, Said Assagaff dan Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun mendapatkan suara sementara sebesar 29,76 persen. 

Disusul oleh paslon nomor urut 3 yakni Gubernur dan Wagub Maluku no 3 melalui jalur perseorangan, mantan Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung, Herman Koedoeboen dan mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdullah Vanath dengan 25,84 persen suara sementara.

Hasil hitung cepat sementara LSI itu berada di Vote turnout (VTO) 65,45 persen dengan margin of error sebesar 1,00 persen. Adapun persentase data yang diterima sebanyak 40,67 persen.

Selanjutnya  hitungan versi Index Indonesia mengungkapkan pasangan yang berjagon Baileo ini berhasil meraup suara 40,38 persen dari 96,4 persen total suara yang masuk.

Mereka unggul jauh dari pasangan Said Assagaff - Anderias Rentanubun yang berjargon Santun dengan perolehan suara 33,08 persen. Sementara Herman Koedoeboen - Abdullah Vanath dengan jargon Hebat hanya meraup suara 26.55 persen.

Sementara hitung cepat versi Indo Barometer menyatakan pasangan Baileo mendapatkan 42,28 persen suara, jauh dari pasangan  Santun yang mendapat suara sebesar 31,29 persen. Selanjutnya pasangan Hebat mendapatkan suara sebanyak 26,42 persen. (Albert Batlayeri)

Petrus Fatlolon Mencoblos di TPS 1 Sifnana

Posted: 27 Jun 2018 04:00 PM PDT

Petrus Fatlolon Mencoblos di TPS 1 SifnanaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Petrus Fatlolon, SK., MH bersama istri, Ny. Joice Fatlolon menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018.

Hal ini dikatakan oleh Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Daerah (Pemda) MTB melalui akun profil facebooknya, Bupati Fatlolon bersama istri terlihat ta

"Bupati MTB bersama Ibu Fatlolon menggunakan hak suaranya sebagai Warga Negara Indonesia dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023 bertempat di TPS 1 Desa Sifnana," kata rilis itu.

Hal yang sama juga ditunjukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) MTB, Piterson Rangkoratat, SH bersama istri pun melakukan pencoblosan di TPS Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Unggulan Saumlaki.

Setelah melakukan pencoblosan Sekda Rangkoratat melanjutkan pemantauan pelaksanaan Pilgub pada TPS 09 BTN Kelurahan Saumlaki.

"Sekretaris Daerah Kabupaten MTB Piterson Rangkoratat, SH beserta Ny. Rangkortat melakukan pencoblosan pada TPS SMA Negeri Unggulan Saumlaki sekaligus memantau pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada TPS tersebut, termasuk TPS 09 BTN Kelurahan Saumlaki," posting rilis Humas. (Laura Sobuber)
k mau ketinggalan dalam menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode tahun 2018 hingga 2023 yang bertempat di TPS 1 Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), pada Rabu (27/6).

Richard Louhenapessy Launching Smart City di Leitimur Selatan

Posted: 27 Jun 2018 03:04 PM PDT

Richard Louhenapessy Launching Smart City di Leitimur Selatan
HUTUMURI, LELEMUKU.COM – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melaunching implementasi Smart City di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) dan Sistem Informasi Kesehatan Daerah "SIKDA Generik", bertempat di Puskesmas Hutumuri, Kecamatan Letisel, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Selasa (26/6).

Acara yang dilaksanakn guna mewujudkan Program Ambon menuju Kota Pintarini diprakarsai oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian serta Dinas Kesehatan Kota Ambon dan bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia Cabang Ambon.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) telah meluncurkan program Ambon "Smart City", guna memudahkan penggunaan dan penyiapan Teknologi Informasi di semua Kecamatan di Kota Ambon.

Walikota menambahkan, Pemkot bekerjasama dengan PT Telkom Cabang Ambon agar pembangunan infrastruktur dan jasa komunikasi bukan hanya di pusat Kota tetapi menjangkau Kecamatan Letisel.

Mengingat keinginan terbesar dari Walikota untuk seluruh desa dan kelurahan di Kota Ambon terjangkau layanan internet, sehingga masyarakat terutama para pelajar tidak lagi kesulitan dalam mengakses internet.

Diakuinya, tahap awal peluncuran program smart city, pihak Pemkot dalam hal ini Dinas Komunikasi,Informatika dan Persandian mendapat respon yang positif dari PT. Telkom Witel Maluku.

"Yakni dukungan pemberian Wifi Service di Sembilan lokasi di Ambon, diantaranya Kawasan Pattimura Park, Halaman Balaikota, Tugu Leimena-Poka, Area Kantor Kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan Kantor Dispendukcapil. Dipastikan ke depan masyarakat di Kecamatan Letisel juga akan dapat menikmati layanan yang sama," ujar dia.

Pada Kesempatan yang sama, Walikota juga melaunching Aplikasi SIKDA Generik Kota Ambon.

Aplikasi SIKDA Generik merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan yang mengintegrasikan sistem-sistem informasi di puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta. 

Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Aplikasi "SIKDA GENERIK" merupakan penerapan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan, sehingga diharapkan dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan / kebijakan dalam bidang kesehatan.

Guna memperlancar pemanfaatan aplikasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Ambon mendapat bantuan 52 Unit Komputer dari Global Fund yang nantinya akan dibagikan ke 10 (Sepuluh) Puskesmas yang ada di kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Pemkot Ambon Komitmen Daerah Tertib Ukur pada 2018

Posted: 27 Jun 2018 03:00 PM PDT

Pemkot Ambon Komitmen Daerah Tertib Ukur pada 2018
AMBON, LELEMUKU.COM –  Walikota Ambon, Richard Louhenapessy bersama para Stakeholder dan Instansi Terkait menandatangani Komitmen Kerja Pembentukan Kota Ambon sebagai Daerah Tertib Ukur Tahun 2018 di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Provinsi Maluku pada Selasa (26/6). 

Penandatangan Komitmen Kerja antara Pemerintah Kota Ambon dan Para Stakeholder tersebut sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Kota Ambon sebagai Daerah Tertib Ukur.

Dalam sambutannya, Walikota menjelaskan, Kota Ambon, pada tanggal 23 Maret silam, telah dicanangkan sebagai Calon Daerah Tertib Ukur Tahun 2018, ditandai dengan penandatangan Komitmen Pembentukan Daerah Tertib Ukur antara Walikota Ambon bersama 7 (tujuh) Bupati/Walikota lainnya dengan Bapak Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita.

Ditambahkan, Kota Ambon, menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia Timur yang dicanangkan sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU).

DTU merupakan komitmen pemerintah daerah untuk melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha serta masyarakat dalam hal kebenaran hasil pengukuran.

Penandatangan Komitmen Kerja tersebut dilakukan oleh Walikota Ambon bersama Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Plt. Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ambon, Kepala Perum Bulog Divre Maluku, Plt. Kepala PDAM Kota Ambon, Operation Head PT. Pertamina Terminal BBM Wayame, Operation Head PT. Pertamina DPPU Pattimura, Manager PT. PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Cab.Ambon, Kepala Kantor PT. Pos Indonesia cab.Ambon, Pimpinan PT.Pegadaian Cab.Ambon, serta Wakil Ketua Hiswana Migas DPC Ambon.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kota Ambon bersama-sama Kodam XVI Pattimura juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman terkait Diklat Kebangsaan Pemuda.(DiskominfoAmbon).

Polda Maluku Gelar Doa Bersama Jelang Pilkada Serentak

Posted: 27 Jun 2018 10:48 AM PDT


AMBON, LELEMUKU.COM - Memasuki hari pertama masa tenang Pilkada Serentak 2018, Polda Maluku melaksanakan kegiatan Ceramah dan Doa Bersama Ustadzah Mamah Dedeh Rosidah Syarifudin, bertempat di Masjid Raya Alfatah Ambon, Senin (25/06).

Acara tersebut dihadiri Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., Forkopimda TK 1 Provinsi Maluku, Imam Besar Masjid Raya Alfatah, Ketua MUI Prov Maluku, Serta 3.000 jamaah lainnya. Ceramah dan Doa Bersama juga digelar dalam rangka HUT Bhayangkara Ke-72.

Dalam ceramahnya, Mamah Dedeh mengingatkan para hadirin, untuk menyalurkan hak pilih pada Pilkada nanti.

"Artinya kalau mereka melenceng dari aturan Allah, seperti yang disampaikan bapak Kapolda, mereka tidak hanya bertanggung jawab di alam dunia dengan masyarakat, tapi mereka bertanggung jawab dihadapan Allah SWT," ingatnya.

Dikatakan memilih pemimpin dalam Islam adalah wajib hukumnya, dan merupakan perintah Allah SWT.

"Seperti yang sudah disampaikan bapak Kapolda, tidak semua manusia suka perdamaian, persatuan dan kesatuan. Ada yang ambil keuntungan dari sesuatu yang dianggap dapat memecah belah. Pesan saya tetap jaga tali silaturahim," tambahnya. (HumasPoldaMaluku)

Gempa 5,2 Guncang Ternate dan 4,3 Guncang Buru

Posted: 27 Jun 2018 01:45 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku menyatakan gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) mengguncang Ternate, Provinsi Maluku Utara. 

Dilaporkan, gempa yang terjadi pada pukul 15.44 WIT, Rabu (27/6) itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Titik pusat gempa berada di koordinat 0.59 LU,126.12 BT. Pusat gempa berada di laut, sejauh 141 km arah barat daya dari Kota Ternate. 

Pusat gempa berada di kedalaman 10 km. Gempa tersebut dirasakan hingga Manado dan Bitung.

Belum diketahui laporan terkait kerusakan atau adanya korban akibat gempa tersebut.

Sebelumnya gempa bumi dengan magnitudo 4.3 SR guncang Pulau Buru, Provinsi Maluku.

Gempa dengan kedalaman 432 km yang terjadi pada pukul 11:33 WIT ini berada pada koordinat 4.63 LS-125.63 BT.

Pusat gempa berada di laut, berjarak 153 km barat daya Namrole, Kabupaten Buru Selatan dan 192 km Barat daya Kecamtan Airbuaya, Kabupaten Buru. (Albert Batlayeri)

Murad Ismail dan Barnabas Orno Urutan Pertama Versi Hitung Cepat

Posted: 27 Jun 2018 01:45 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Pasangan Calon Gubernur Maluku dengan nomor urut dua Irjen Pol. Purn Murad Ismail  dan  Barnabas Orno dengan jargon Baileo berada pada urutan pertama pada Quick Count atau hitung cepat versi Indo Barometer. 

Menurut riis yang diterima Lelemuku.com dari Direktur Indo Barometer, Rustika Herlambang pada Rabu (27/6) pukul 16.00 WIT pasangan yang diusung Partai Gerindra, Partai Nasdem,Partai Hanura, PKB, PKP, PPP dan PAN ini mendapatkan 42,28 persen suara dari data masuk sementara sebesar 63,20 persen dari total perhitungan suara di masing-masing TPS.

Sementara  pasangan petahana Gubernur, Said Assagaff dan Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun dengan jargon Santun yang berada pada nomor urut 1 mendapat suara sebesar 31,29 persen.

Selanjutnya pasangan calon Gubernur dan Wagub Maluku no 3 melalui jalur perseorangan, mantan Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung, Herman Koedoeboen dan mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdullah Vanath dengan jargon Hebat mendapatkan suara sebanyak 26,42 persen.

Hal sama terlihat pada rilis dari Lembaga Survey Indonesia (LSI) yang menyatakan pasangan Baileo mendapat 42,86 persen, Santun dengan 30.77 persen dan pasangan Hebat dengan 26.36  (Albert Batlayeri)

Indra Fadillah Siregar Pimpin Apel Long Mars di Maluku Tenggara

Posted: 26 Jun 2018 09:48 PM PDT

Indra Fadillah Siregar Pimpin Apel Long Mars di Maluku Tenggara
LANGGUR, LELEMUKU.COM -  Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadillah Siregar, SH, S.IK, MH, pimpin Apel Long Mars demi wujudkan sinergritas TNI-POLRI yang bertempat di pengeringan depan Kantor Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku pada Senin (25/6).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Malra, Sekda Kabupaten Malra, Para Perwira TNI-Polri, kemudian Peserta Long Mars terdiri dari; 1 Pleton Kodim 1503 Tual Malra, 1 Pleton 734, 1 Pleton TNI AL, 1 Pleton TNI AU, 1 Pleton Kompi Brimob Tual, 1 Kompi Brimob BKO Polda Maluku, 1 Kompi Sabhara BKO Polda Maluku dan 1 Pleton Gabungan Personil Polres Maluku Tenggara.

Tujuan dari kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan sinergitas TNI-Polri dalam melaksanakan pengamanan pilkada dan memberikan rasa aman dan keyakinan kepada masyarakat tentang kekuatan TNI POLRI yang ada di wilayah Malra siap mendukung pelaksanaan Pilkada.

Adapun rute star dari Pengeringan Langgur Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Malra, belok kiri jln Hotel Langgur, belok kanan jln Langgur Debut kemudian belok Kanan perempatan Lanud Dumatubun, melewati jln Jendreal Sudirman, belok kanan Jembatan Watdek, belok kiri melewati jln Pattimura Tual dan Finish di Lapangan Lodar El Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual. (HumasPoldaMaluku)
Bagi ke WA Bagi ke G+