Adrianus Sabono Imbau Warga Nirunmas Jaga Keamanan Lingkungan

Adrianus Sabono Imbau Warga Nirunmas Jaga Keamanan Lingkungan


Adrianus Sabono Imbau Warga Nirunmas Jaga Keamanan Lingkungan

Posted: 25 Jul 2018 05:41 PM PDT

Adrianus Sabono Imbau Warga Nirunmas Jaga Keamanan Lingkungan
TUTUKEMBONG, LELEMUKU.COM – Camat Nirunmas, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Ir. Adrianus Demianus Sabono mengimbau masyarakat di lima desa kecamatan tersebut, yaitu Desa Waturu, Tutukembong, Manglusi, Arma dan Watmuri agar menjaga keamanan lingkungan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 73, pada 17 Agustus 2018.

"Saya sudah tekankan untuk para kepala desa mulai tanggal  1 agustus sudah tidak boleh ada lagi yang namanya huru-hara, keributan dan segala kegiatan yang tidak menguntungkan masyarakat atau dapat mengganggu keamanan lingkungan," imbau dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Rabu (25/7).

Camat Sabono juga meminta kepada para Kepala Desa (Kades) agar melibatkan seluruh pemuda dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di masing-masing desa dalam menjaga ketertiban, keamanan lingkungan dan memperhatikan kebersihan lingkungan.

"RT, Linmas harus berfungsi dan pemuda juga harus dilibatkan, karena gardanya itu pemuda. Semua Bersama-sama tetap menjaga ketertiban, keamanan lingkungan masing-masing karena kalau kita tidak amankan lingkungan akan bisa ke hal yang lebih besar atau hal yang tidak kita harapkan," minta dia.

Sabono pun mengajak seluruh masyarakat di kecamatannya agar terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan dalam memeriahkan HUT RI yang ke 73 tersebut.

"Kurang lebih 17 hari lah, terhitung nanti tanggal 1 agustus kami persiapan itu dan perlu saya tekankan bahwa ini kegiatan yang intinya bukan harus mencari juara tetapi bagaimana patisipasi yang baik, keterlibatan semua unsur untuk memeriahkannya," ajak orang nomor satu di Kecamatan Nirunmas itu.

Berikut beberapa lomba yang akan diselenggarakan oleh Kecamatan tersebut, diantaranya gerak jalan indah, bola voli putra dan putri, futsal, senam lampiore, lomba menu lokal dengan melibatkan semua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK) kecamatan dari masing-masing desa. (Laura Sobuber)

Frengky Limber Tandatangani Berita Acara Perubahan Nama ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Posted: 25 Jul 2018 04:33 PM PDT

Frengky Limber Tandatangani Berita Acara Perubahan Nama ke Kabupaten Kepulauan TanimbarJAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Frengky Limber tanda tangani Berita Acara Rapat Pusat dan Daerah Dalam Rangka Perubahan Nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat di Kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta pada Senin (23/7).

Dalam berita acara tersebut telah disepakati bersama oleh Pemerintah Pusat untuk menindaklanjuti usulan perubahan nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pertemuan Lintas Kementerian dan Lembaga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MTB yang dihadiri oleh Bupati Petrus Fatlolon, Ketua DPRD Frengky Limber, Ketua Komisi A DPRD dan pejabat terkait di lingkungan Pemkab MTB dalam rangka membahas perubahan nama kabupaten menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam pertemuan dimaksud Bupati Maluku Tenggara Barat mempresentasikan rencana Perubahan Nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat dihadapan para pejabat Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Polhukam, Kementerian Hukum dan HAM dan Badan Informasi Geospasial. Pemerintah Provinsi Maluku diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Maluku.

Pertemuan ini untuk menyatukan persepsi ditingkat Pemerintah Pusat untuk tahapan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perubahan Nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (HumasMTB)

Asep Setia Gunawan Gantikan Tri Soewandono Sebagai Kasdam Pattimura

Posted: 25 Jul 2018 03:09 PM PDT

Asep Setia Gunawan Gantikan Tri Soewandono Sebagai Kasdam PattimuraAMBON, LELEMUKU.COM - Penglima Komadon Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) dari Brigjen TNI Tri Soewandono kepada Brigjen TNI Asep Setia Gunawan S.I.P di Ruang Lobby Kodam XVI/Patimura Jln. Slamet Riadi Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Rabu (25/7).

Brigjen TNI Tri Soewandono mengemban jabatan baru sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklat TNI AD. Dalam kesempatan itu, Pangdam mengatakan serah terima tugas dan jabatan di jajaran TNI merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mengembangkan kemampuan perwira dalam dimensi kepemimpinan, manajerial serta profesionalisme keprajuritan.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, dengan melihat beban tugas dan tanggungjawabnya, maka Kasdam harus memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi serta ditopang oleh kapasitas manajerial yang mumpuni, responsif dan proaktif, sehingga mampu memberdayakan semua unsur Kodam XVI/Pattimura menjadi satu kekuatan sinergis. Selain itu, diperlukan kearifan dan kematangan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak sehingga mampu mengambil langkah dan tindakan secara tepat.

Pangdam XVI/Pattimura juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI Tri Soewandono beserta istri atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan maksimal.

Dalam kesempatan yang sama Pangdam juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kepada Brigjen TNI Asep Setia Gunawan S.I.P yang menjabat sebagai Kasdam XVI/Pattimura yang baru.

Sebelum diadakan acara Sertijab, dilaksanakan Tradisi Penerimaan Kasdam Baru oleh warga Kodam XVI/Pattimura yang diselingi dengan tarian Lenso yang merupakan tarian khas Maluku dan pengalungan kain tenun Maluku serta dilanjutkan dengan penciuman Pataka Kodam.

Setelah pelaksanaan Sertijab Kasdam XVI/Pattimura dan Wakil Ketua Persit PD XVI/Pattimura, tak lupa warga Kodam XVI/Pattimura menggelar tradisi pelepasan Kasdam XVI/Pattimura beserta istri, dengan dihantarkan seluruh pejabat utama dan warga Kodam.

Dalam acara tersebut turut hadir Irdam XVI/Ptm, para Danrem di jajaran Kodam XVI/Ptm, para Staf Ahli Pangdam XVI/Ptm, para Asisten Kasdam XVI/Ptm, para Kabalakdam XVI/Ptm, Dansat jajaran Kodam XVI/Ptm serta Ketua Persit KCK PD XVI/Ptm beserta Pengurus. (Pendam16)

70 Pejabat Terima Sosialisasi Piranti Lunak Bidang Operasi Wilayah Timur TNI-AD

Posted: 25 Jul 2018 02:57 PM PDT

70 Pejabat Terima Sosialisasi Piranti Lunak Bidang Operasi Wilayah Timur TNI-ADAMBON, LELEMUKU.COM - Sebanyak 70 peserta terdiri dari para pejabat di bidang operasi menerima sosialisasi Piranti Lunak Bidang Operasi Wilayah Timur TNI Angkatan Darat pada Rabu (25/7)

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari dibuka oleh Kolonel Inf Suswantyo, Paban II Orstra Sops TNI sebagai ketua tim sosialisasi bertempat di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Biniaya Jl. A Yani Kelurahan Batu Gajah, Kecamatan Sirimau, Ambon dengan narasumber Tim Staf Operasi Mabes TNI.

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, para peserta akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Polri & TNI dalam rangka HARKAMTIBMAS, Petujuk Penyelenggara Operasi Mengatasi Aksi Terorisme, Atura Pelibatan/Rules Of Engagement (ROE) dan Doktrin Operasi Gabungan Terpadu.

Selain itu, melalui kegiatan ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan berkaitan dengan Piranti Luna Staf Operasi TNI dan UU Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Penetapan Perpu No I Tahun 2002 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Diharapkan kepada para peserta dan para pejabat betul-betul memahami dan menguasai materi yang diberikan sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Darat.

Selanjutnya berharap kepada Tim Sosialisasi agar menyampaikan secara utuh dan tuntas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan piranti lunak fungsi Bidang Operasi TNI AD kepada peserta sosialisasi.

Mengingatkan Jajaran TNI di wilayah Kodam XVI/Pattimura menyadari bahwa saat ini  masih belum banyak informasi yang diketahui berkaitan dengan piranti lunak Bidang Operasi TNI AD. Oleh karena itu, jajaran Kodam Pattimura sangat membutuhkan pengarahan dan penjelasan dari tim Staf Operasi Mabes TNI mengenai bagaimana pelaksanaan dan penerapan piranti lunak tersebut dengan benar dan tepat. (Pendam16)

Kodam Pattimura Kembali Sumbangkan Bantuan Kemanusiaan ke Suku Mausu Ane

Posted: 25 Jul 2018 02:48 PM PDT

KOBI, LELEMUKU.COM - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa makanan dan minuman bagi Suku Mausu Ane, suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Bantuan kemanusiaan tersebut, telah dikirim melalui Koramil 1502-05/Wahai dipimpin langsung oleh Danramil 1502-05/Wahai, Kapten Cba La Ode Maaruf bersama 8 anggotanya pada Selasa (24/7), di Camp sekitar Dusun Siahari Negeri Maneo Rendah Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku tengah.

Danramil 1502-05/Wahai Kapten Cba La Ode Maaruf menuturkan bahwa bantuan kemanusiaan tersebut untuk membantu mengurangi beban hidup masyarakat Suku Mausu Ane yang berdasarkan informasi mengalami musibah kelaparan.

"Selain bantuan berupa makana, Kodam XVI/Pattimura  juga mengirimkan obat-obatan dan sembako bagi warga di daerah terpencil suku Mausu Ane " ujarnya.

Hentakan hati/kepedulian Koramil Wahai untuk membantu masyarakat Suku Mausu Ane sangat tinggi, mereka tergerak langsung menuju sasaran tempat tinggal mereka dan walaupun hanya baru mendapatkan 3 Kepala Keluarga Suku Mausu Ane dengan membawa bantuan sementara. Dalam kesempatan itu, Danramil juga merangkul masyarakat Suku Mausu Ane untuk mau turun dan terbuka menerima bantuan-bantuan yang mulai berdatangan baik dari Pemerintah, TNI-Polri maupun yang lain bisa diterima langsung oleh mereka.

Hari ini, Kasdim 1502 /Masohi Mayor Inf Adi Eka Jaya beserta tenaga medis Bintara Kesehatan Kesdam XVI/Pattimura Srd Agus Teguh , Bapak Anton Kattipana selaku Kepala Dusun Siahari, Para Babinsa Koramil 1502-05/Wahai dan 5 orang anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Kodim 1502/Masohi Koramil 05 /Wahai, pukul 09.00 Wit tiba dilokasi Dusun Siahari, Desa Morokay, Kec Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah, guna menyerahkan Logistik Kodam XVI/Pattimura dan diberikan kepada Bapak Ruben Halimuri selaku perwakilan dan penerjemah bahasa Suku Mausu Ane.

Bapak Ruben Halimuri mengatakan "Selama ini kami merasakan belum pernah ada bantuan seperti ini, Kami selaku warga suku Mausu Ane tidak dapat memberikan apa-apa untuk membalas kebaikan Kodam XVI/Pattimura kami hanya bisa memberikan do'a untuk Kodam XVI/Pattimura semoga tetap suksek dalam melaksanakan tugas Negara".

Langkah-langkah tim medis Kodam XVI/Pattimura setibanya dilokasi, segera melakukan pemerikasaan dan pengobatan kepada salah satu warga suku Mausu Ane yaitu Piter Ipana, Umur (38 Tahun) terserang penyakit muntaber  akibat mengkomsumsi air sungai yang tidak layak konsumsi. Untuk itu segera diberikan penanganan secara cepat dan obat-obatan.

Bekangdam XVI/Pattimura Sore ini telah mengirimkan 47 paket sembako dengan menggunakan kapal cepat  menuju Kota Masohi untuk ditindaklanjuti dengan perjalanan darat menuju lokasi. Rencananya besok pagi, Kodam XVI/Pattimura  akan mengirim sisanya menggunakan Heli bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura yang akan menyambangi langsung lokasi dimana suku tersebut berada," kata Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho. (Pendam16)

Antisipasi Kelaparan, Kodim Masohi Beri Logistik ke Suku Mausu Ane di Morokay

Posted: 25 Jul 2018 02:36 PM PDT

Antisipasi Kelaparan, Kodim Masohi Beri Logistik ke Suku Mausu Ane di MorokayMOROKAY, LELEMUKU.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi kembali memberi dorongan logistik terhadap korban kelaparan, suku Mausu Ane di Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Rabu (25/7).

Dalam kegiatan ini Kepala Staf Kodim,Mayor Inf Adi Eka Jaya Berserta rombongan  memberikan logistik dari Kodam XVI/Pattimura yang di wakili Kodim 1502/Masohi dan memberikan pemerikasaan, pengobatan oleh Bakes Serda Agus Teguh, terhadap salah satu warga An. Piter lpana umur 38 tahun suku Mausu Ane yang mengalami sakit  muntah berr akibat mengonsumsi air sungai yang belum di masak.

Namun dibalik itu tentunya tidak semuanya berjalan dengan mulus mengingat wilayah yang amat sulit di tempuh dengan kendaraan, tentunya dengan perjuangan itulah yang di alami anggota TNI dari Kodim 1502/Masohi dengan semangat juangnya dalam melaksanakan tugas harus melewati sungai dalam mengawal logistik.

Tak luput pula para ibu Persit KCK Cb XXV Kodim 1502/Masohi, Koramil 1502-05/Wahai, turut serta dalam membantu memberikan dorongan logistik dan kesehatan kepada suku Mausu Ane.

Inilah salah satu diantara bentuk tugas dan tanggung jawab TNI terhadap masyarakat pedalaman suku Mausu Ane guna membantu kesulitan rakyat. (Penrem151)

Anggota Kodim Masohi Berikan Bantuan Kemanusiaan ke Suku Mausu Ane

Posted: 25 Jul 2018 02:32 PM PDT

Anggota Kodim Masohi Berikan Bantuan Kemanusiaan ke Suku Mausu AneSIAHARI, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya yang membawahi langsung Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi dengan Koramil 1502-05/Wahai sebagai satuan kewilayahan terdekat dengan Suku Mausu Ane yang merupakan suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku memberikan bantuan kemanusiaan pada Rabu (25/7).

Tim tersebut telah berada di lokasi setelah menempuh perjalanan darat selama 8 jam dari Kota Masohi tetapi hal itu tidak menjadi kendala untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Dikarenakan kendala keterbatasan sarana angkutan dan transportasi, Kodim 1502/Masohi sebagai satuan kewilayahan, saat ini baru memberikan bantuan awal berupa 40 kardus mie instans dan 44 Karung beras kepada suku Suku Mausu Ane yang saat ini sudah tiba di Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.

"Suku Mausu Ane  merupakan masyarakat  terasing atau nomaden yang mana mereka hanya dapat ditemui dengan perantara salah satunya Raja Negeri Maneo Rendah, " ujar Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Harisandi Krishandoko.

Dandim telah melakukan kordinasi dengan Kepala Dusun Siahari, Anton Katipana dan Bapak Pendeta Siahaya guna mengambil langkah-langkah cepat untuk memberikan dorongan logistik, dan akhirnya disepakati bahwa masyarakat suku Mausu Ane  akan mengadakan pertemuan di Dusun Siahari serta mengambil bantuan tanggap darurat dari TNI, besok Rabu, 25 juni 2018 pukul 11.00 wit.

Sebagai  informasi, saat ini Kodam XVI/Pattimura juga  telah menyiapkan Tim medis dari RST dr.Latumeten dan bantuan sembako dari Bekangdam XVI/Pattimura serta dukungan transportasi heli bell BKO Kodam XVI/Pattimura untuk mempercepat dorongan bantuan logistik kepada Masyarakat Suku Mausu Ane.

Suku Mausu Ane dalam beberapa waktu terakhir ini dilaporkan mengalami bencana kelaparan yang diakibatkan karena dalam setahun terakhir, Suku terasing di pegunungan Seram itu banyak berpindah ke lokasi baru (Nomaden) yang sebagian besar merupakan daerah pinggiran perkampungan dan juga perkebunan masyarakat. Ketika mereka melakukan perpindahan pasokan makanan kurang, dan menyebabkan daya tahan tubuh mereka berkurang sehingga banyak yang mengalami sakit dan kurang gizi.

Hal ini makin diperparah dengan kurangnya sumber makanan yang terjadi akibat perkebunan warga yang terserang oleh hama babi hutan dan hama tikus.

Menindaklanjuti kejadian itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto telah memerintahkan untuk mendalami dan mengecek kebenaran informasi tersebut dan bertindak cepat dengan mengirimkan personil Kodim 1502/Masohi untuk membantu dan menyambangi daerah dimana domisili suku Mausu Ane dan memberikan bantuan logistik berupa makanan dan obat-batan. (Penrem151)

Satgas TMMD Gelar Sosialisasi Bela Negara di SMAN 3 Tehoru

Posted: 25 Jul 2018 02:25 PM PDT

LATU, LELEMUKU.COM - Satuan penugasan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 1502/Masohi menggelar kegiatan non fisik salah satunya memberikan sosialisasi Bela Negara SMA Negeri 3 Tehoru di Desa Latu, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Rabu (25/7).

Sebanyak 150 orang mengikuti kegiatan penyuluhan yang merupakan kegiatan non fisik Satgas TNI Manunggal Membangun Desa ke-102, sebagai upaya memberikan informasi dan penyuluhan bahaya Narkoba terhadap siswa-siswi SMA Negeri 3 Tehoru yang merupakan generasi penerus bangsa.

E. Eturelely S.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 3 Tehoru mengatakan bahwa  sosialisasi yang dilaksanakan disekolah SMA Negeri 3 Tehoru, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak istansi yang tergabung dalam kegiatan TMMD di Desa kami. "Kegiatan ini kami anggap sebagai penguatan dan pembelajaran bagi mereka demi masa depan sebagai generasi bangsa," pungkas E Eturelely S.Pd.

Hal senada juga disampaikan oleh Albertina Lilihata salah seorang siswa yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan  sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kita agar dapat menjaga diri serta mempertahankan Negara NKRI. "Sehingga kita selaku siswa SMA dapat mempedomaninya sebagai karir dalam belajar, berkarya dalam bekerja hingga bisa terus maju," ucap Albertina Lilihata.

Dalam kegiatan ini para siswa-siswi sangat antusias apa yang disampaikan oleh bapak-bapak anggota hal ini terlihat banyaknya para siswa yang saling memberikan pertanyaan.

Dengan dilaksanakannya sosialiasi Bahaya Narkoba dapat memberi aspirasi kepada siswa-siswi, agar tidak terpengaruh dengan peredaran narkoba yang dapat merusak masa depan para pelajar sebagai generasi penerus bangsa. (Penrem151)

TNI Bantu Pembuatan MCK di Dullah Laut dan Fair

Posted: 25 Jul 2018 02:10 PM PDT

TNI Bantu Pembuatan MCK di Dullah Laut dan FairTUAL, LELEMUKU.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) melaksanakan gotong-royong bersama masyarakat hal ini ditunjukan oleh Serda Juanda dalam membantu pembuatan MCK dan Serda Armin Rado membantu Desa binaannya membangun masjid di Desa Dullah Laut dan Desa Fair Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku pada Selasa (24/7).

Dengan dibantu oleh warga sekitar tersebut, Kemanunggalan TNI-Rakyat makin solid dan kuat, terlebih kegiatan ini dilaksanakan dengan rasa kebersamaan. Pelaksanaan kegiatan gotong-royong pembuatan MCK dan pembangunan Masjid ini dilaksanakan dengan semangat dan antusias baik dari warga sendiri maupun dari anggota TNI, disamping untuk memperkuat terbentuknya tali silaturahmi.

Disamping itu dihari yang sama Babinsa  Sertu Kifly Rahakbauw melaksanakan Komsos Bersama staf Ohoi  dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI.

Dalam kegiatan ini kita sadar betul, bahwa tugas dan peran Babinsa (Bintara Pembina desa) merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesejahteraan warga masyarakat, sekaligus sebagai mata telinga bagi keamanan di wilayah masing-masing.  (Penrem151)

Pelepasan Satgas Ops Pamrahwan Yonif RK 732/Banau dan Yonif R 515/ Ugra Tapa Yudha

Posted: 25 Jul 2018 02:06 PM PDT

Pelepasan Satgas Ops Pamrahwan Yonif RK 732/Banau dan Yonif R 515/ Ugra Tapa YudhaAMBON, LELEMUKU.COM - Kepala Staff Komando Daerah Militer (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Tri Suwandono menjadi Inspektur Upacara memimpin langsung kegiatan Upacara Pelepasan Satgas Ops Pamrahwan Yonif, Raider Khusus 732/Banau dan Yonif Raider 515/Ugra Tapa Yudha, dan di gantikan oleh Satgas Yonif 731/Kabaresi dan Yonif 711/Raksatama  bertempat dilapangan Upacara Lantamal IX Halong, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (24/7).

Dalam Amanatnya Pangdam XVI/Pattimura,  yang di bacakan oleh Irup bahwa dengan hal tersebut, saya selaku Pangdam XVI/Pattimura dan pribadi mengucapkan terima Kasih dan Penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh prajurit Yonif Raider 515/Ugra Tapa Yudha dan Yonif Raider Khusus 732/Banau yang telah bertugas di Kepulauan Maluku.

"Dengan prestasi yang membanggakan dan memberikan kontribusi positif untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya menjaga stabilitas keamanan serta memberikan suasana ketenangan, ketentraman dan kesejukan bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara. Selanjutnya kepada Satgas Yonif 711/Raksatama dan Yonif 731/Kabaresi saya ucapkan Selamat Datang, Semoga kehadiran dan keberadaan kalian di Maluku dan Maluku Utara dapat memberikan kontribusi yang positif bagi Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan dan masyarakat," pungkas Pangdam dalam amanatnya.

Pada kesempatan yang baik ini Pangdam menyampaikan kepada seluruh prajurit Yonif R 515/UTY dan Yonif RK 732/Banau, bahwa tugas sebagai Satgas Ops Pamrahwan telah berakhir dan telah menjalankan misi dengan baik.

"Berhasil menekan konflik secara signifikan dan berhasil menyadarkan masyarakat bahwa menyimpan senjata api bertentangan dengan hukum positif. Sehingga kalian dapat memperoleh ratusan senjata api dan muhandak," ucap dia.

Pangdam juga merincikan prestasi mereka, sebagai berikut Satgas Yonif Raider 515/UTU memperoleh 282 pucuk senjata api terdiri dari 26 pucuk senjata pabrikan, 256 pucuk senjata rakitan, munisi campuran 448 butir dan 11 Muhandak dan untuk Satgas Yonif Raider Khusus 732/Banau memperoleh senjata api 179 pucuk terdiri dari 28 pucuk senjata pabrikan, 151 pucuk senjata rakitan, munisi campuran 2.106 butir, 21 Muhandak dan 1 buah magazen.

Selanjutnya kepada Satgas Yonif 711/Raksatama dan Yonif 731/Kabaresi ia mengajak agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

"Selamat datang, semoga kehadiran dan keberadaan kalian di Maluku dan Maluku Utara dapat memberikan kontribusi yang positif bagi Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan dan masyarakat," ucap Pangdam.

Pandam juga berterima kasih  kepada Letkol Inf Syafrudin serta seluruh prajurit Satgas Yonif R 515/UTY dan Letkol Inf Raymond Sitanggang serta seluruh personel Satgas Yonif RK 732/Banau yang memimping anggota mereka dengan baik.

"Sampaikan salam hormat saya dan keluarga besar Kodam XVI/Pattimura kepada keluarga kalian masing-masing, semoga selamat sampai tujuan. Kepada Danrem 151/Binaiya Kolonel inf Christian Kurnianto Tehuteru dan Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi yang telah diberikan dalam memimpin dan mengendalikan operasi yang dilaksanakan oleh Yonif RK 732/Banau dan Yonif R 515/UTY sehingga telah selesai melaksanakan tugas dengan baik," ungkap dia.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Maluku, Kasdam XVI/PTM, Danlantamal IX Ambon, Kapolda Maluku, diwakili oleh Dansat Brimob Polda Malaku Danlanud Pattimura, Wadan Lantamal IX Ambon, Danrem 151/Binaiya, Danrimdam XVI/PTM dan para Asisten Kasdam XVI/PTM. (Penrem151)

Satgas TMMD dan DKP Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di Telutih Baru

Posted: 25 Jul 2018 02:05 PM PDT

Satgas TMMD dan DKP Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di Telutih BaruTELUTIH BARU, LELEMUKU.COM - Dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 102 Kodim 1502/Masohi anggota Satgas dan Dinas Ketahanan Pangan memberi pelatihan manfaat dan  pembuatan pupuk organik  di Balai Pertemuan  Desa Teluti Baru, Kecamatan Tehoru, Selasa (24/07).

"Dalam penggunaan pupuk organik  terdampak sangat baik karena dapat menjaga kesehatan lingkungan disebabkan pupuk organik berasal dari sisa-sisa pembusukan sampah organik yang banyak ditemukan disekitar lingkungan masyarakat,"Ucap Ny. Siama  Marasabesy .SP. selaku tim pelatihan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultural Kab. Malteng.

Di tempat yang sama juga dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Budidaya Cara beternak Kambing oleh Bpk Bahtiar Safir .SP dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Kab. Malteng.

Bahtiar mengatakan kalau tujuan kegiatan ini yang pertama  untuk menjaga keamanan pangan terkait dengan kesehatan ternak khususnya ternak kambing. Kedua dalam rangka untuk melakukan sosialisasi terkait dengan penyakit yang selama ini di rasakan oleh para peternak yang ada di kecamatan tehoru.

Di harapkan kegiatan ini dapat memberi wawasan bagi masyarakat tentang manfaatnya  Pupuk Kompos dan dapat di aplikasikan di lingkungan sekitar. (Penrem151)

Danrem 151 Beri Pengarahan Satgas Pam Rahwan Yonif 515

Posted: 25 Jul 2018 01:54 PM PDT

Christian Tehuteru Beri Pengarahan Satgas Pam Rahwan Yonif 515AMBON, LELEMUKU.COM - Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru  didampingi para penjabat Korem memberi pengarahan dan menyerahtrimakan Satgas Pam Rahwan ke Komandan Batalyon Infanteri 515/Ugra Tapa Yudha, yang baru saja selesai melaksanakan tugas operasi pengamanan, Senin (23/07).

Dalam mengawali arahanya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru  mengucapkan selamat datang kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan dan selamat datang dibumi para raja-raja, kiranya dapat memantapkan tekat dan semangat juang menyosong tugas kedepan, tetap jaga nama baik satuan,jaga diri, jauhi perbuatan yang dapat mencoreng nama baik satuan dan dapat menyikapi permasalahan yang ada disekitar serta tetap waspada.

"Kepada semua prajurit dari pangkat terendah sampai Danpos harus tetap kompak dalam kerja sama dalam melaksanakan tugas dan laksanakan teritorial diwilaiyah tersebut, hormati adat istiadat serta berbaur dengan masyarakat," ungkap perwira Melati Tiga.

Adapun penyampaian dari Kepala seksi Inteljen (Kasiintel) Letkol inf Untung Prayitno, bahwa sering terjadi konflik di pulau buru (gunung botak),Dan masih ada juga bentrokan antara kelompok pemuda. "Ditekankan kepada semua prajurit agar melaksanakan 4S yaitu(senyum,sapa,salam,silaturahmi) dan jauhi 4M (mabuk,marah,melotot,mukul)," ungkap Letkol Inf Untung Prayitno. (Pendam151)

Peduli Lingkungan, Koramil Piru Tanam Mangrove di Pantai Uhe

Posted: 25 Jul 2018 01:45 PM PDT

Peduli Lingkungan, Koramil Piru Tanam Mangrove di Pantai UhePIRU, LELEMUKU.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1502/Piru, Serka D. Putuhena, bersama ketua pemuda pencinta lingkungan hidup Hairul Kaisupy SH.MH, melaksankan penanaman pohon mangrove atau bakau di Dusun Uhe, Desa Lha, Kecamatan Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada Senin (23/7).

Kegiatan penanaman mangrove ini dilaksanakan karena pantai yang ada di sekitar sangat memprihatinkan karena telah terjadi abrasi. Dengan di tanamnya pohon mangrove diharapkan akan mengurangi terjadinya abrasi. Sebab pantai akan berkurang keindahannya apabila pantai itu tidak dirawat dengan baik.

Dimana manfaat dari pohon mangrove diantaranya untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil, melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi, menahan badai/angin kencang dari laut, menahan hasil proses penimbunan lumpur sehingga memungkinkan terbentuknya lahan batu, menjadi wilayah penyangga serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar. (Penrem151)

Peduli Bencana Kelaparan Pada Suku Mausu Ane, Kodam Pattimura Berikan Bantuan

Posted: 25 Jul 2018 01:39 PM PDT

Peduli Bencana Kelaparan Pada Suku Mausu Ane, Kodam Pattimura Berikan BantuanAMBON, LELEMUKU.COM - Suku Mausu Ane yang merupakan suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Maluku Tengah, Provinsi Maluku yang saat ini berdasarkan informasi dari masyarakat mengalami bencana kelaparan yang diakibatkan karena dalam setahun terakhir, Suku terasing di pegunungan Seram itu banyak berpindah ke lokasi baru (Nomaden) yang sebagian besar merupakan daerah pinggiran perkampungan dan juga perkebunan masyarakat. Ketika mereka melakukan perpindahan pasokan makanan kurang, dan menyebabkan daya tahan tubuh mereka berkurang sehingga banyak yang mengalami sakit dan kurang gizi.

Hal ini makin diperparah dengan kurangnya sumber makanan yang terjadi akibat perkebunan warga yang terserang oleh hama babi hutan dan hama tikus.

Menindaklanjuti kejadian itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto telah memerintahkan untuk mendalami dan mengecek kebenaran informasi tersebut dan bertindak cepat dengan mengirimkan personil Kodim 1502/Masohi untuk membantu dan menyambangi daerah dimana domisili suku Mausu Ane dan memberikan bantuan logistik berupa makanan dan obat-batan.

Kodim 1502/Masohi dengan Koramil 1502-05/Wahai sebagai satuan kewilayahan terdekat, telah berada di lokasi setelah menempuh perjalanan darat selama 8 jam dari Kota Masohi tetapi hal itu tidak menjadi kendala untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Dikarenakan kendala keterbatasan sarana angkutan dan transportasi, Kodim 1502/Masohi saat ini baru memberikan bantuan awal berupa 40 kardus mie instan dan 44 Karung beras kepada suku Suku Mausu Ane yang saat ini sudah tiba di Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur, Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.
 
"Suku Mausu Ane  merupakan masyarakat  terasing atau nomaden yang mana mereka hanya dapat ditemui dengan perantara salah satunya Raja Negeri Maneo Rendah, " ujar Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Harisandi Krishandoko.

Dandim telah melakukan kordinasi dengan Kepala Dusun Siahari Bapak Anton Katipana dan Bapak Pendeta Siahaya guna mengambil langkah-langkah cepat untuk memberikan dorongan logistik, dan akhirnya disepakati bahwa masyarakat suku Mausu Ane  akan mengadakan pertemuan di Dusun Siahari serta mengambil bantuan tanggap darurat dari TNI, besok Rabu, 25 Juli 2018 pukul 11.00 wit.

Sebagai  informasi, saat ini Kodam XVI/Pattimura juga  telah menyiapkan Tim medis dari RST dr.Latumeten dan bantuan sembako dari Bekangdam XVI/Pattimura serta dukungan transportasi heli bell 412,EP BKO Kodam XVI/Pattimura untuk mempercepat dorongan bantuan logistik kepada Masyarakat Suku Mausu Ane.(Pendam16)

Leonard Kakisina Buka Lomba Dayung HUT ke 94 Jemaat GPM Kamal

Posted: 25 Jul 2018 01:32 PM PDT

KAMAL, LELEMUKU.COM - Asisten III Setda Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku Drs. Leonard Kakisina mewakili Bupati Seram Bagian Barat membuka secara resmi Perlombaan Dayung Jemaat Gereja Protesta Maluku (GPM) Kamal dalam rangka memperingati HUT GPM Kamal Ke 94.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat Drs Julius Maurits Rutasouw, Camat Kairatu Barat, Perwakilan dinas Pariwisata  Kabupaten SBB, Kepala Desa Kamal bersama staff, Ketua Klasis Kairatu, Ketua Majelis Jemaat GPM Kamal serta para undangan lainnya.

Bupati Seram Bagian Barat dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda SBB mengatakan, saya yakin di HUT ke 94 jemaat GPM Kamal akan ada banyak kegiatan yang dibuat kedepan, kiranya dapat berarti dan bermakna bagi kita semua, dan memang kita perlu untuk melakukannya demi negeri dan jemaat tercinta ini.

"Perlombaan perahu antar sektor pelayanan merupakan kegiatan olahraga yang kreatif dan memiliki unsur budaya serta menumbuhkembangkan bakat juga sebagai ketahanan fisik. Secara fisik lomba ini untuk membina fisik dan kekuatan mental sportifitas yang besar," kata dia.

Ia menyatakan telah tercipta kolaborasi panitia bersama majelis jemaat GPM Kamal untuk menggagas event ini dengan dipadukan dengan acara perayaan hari ulang tahun jemaat GPM Kamal dan Hut GPM nantinya sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

"Syukur karena sudah memberikan anugerah kepada laut yang kita miliki serta kesadaran akan keterpanggilan kita sebagai  warga gereja yang berperan bersaksi dan melayani baik secara internal di lingkungan jemaat maupun eksternal terhadap masyarakat di masa kini dan dalam menapaki masa depan," ungkap Bupati.

Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, mendukung sepenuhnya pembangunan gereja dan jemaatnya, hal yang sama sebagai pemerintah atas sikap inklusif, dukungan perlu diberikan kepada semua aktifitas gereja serta lainnya yang bertujuan membangun daerah ini.

"Harapan besar saya bahwa kiranya momentum ini memberikan kontribusi positif bagi jemaat dan negeri bahkan kabupaten ini demi pengembangan masyarakat serta lingkungan serta kesaksian dan pelayanan kita kepada Tuhan yang maha kuasa," pinta dia.

Ia mengajak lepada semua peserta selamat berlomba, kuatkanlah fisik serta tingkatkanlah strategi lomba yang handal, saling menghargai dan menyayangi  peserta lain, jauhkanlah perselisihan karena kita semua keluarga Allah. Sebab menang dan kalah adalah kesempatan yang harus mengubah dan menguji usaha serta kerja keras kita untuk menjadi lebih baik kedepan.

"Dan janganlah lupa untuk tetap memuliakan Tuhan dengan Talenta dan berkat yang dimiliki," ucap dia. (DiskominfoSBB)

Pemkot Ternate Ikut Berpartisipasi dalam Indonesia City Expo 2019 di Tarakan

Posted: 25 Jul 2018 01:18 PM PDT

Pemkot Ternate Ikut Berpartisipasi dalam Indonesia City Expo 2019 di TarakanTERNATE, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Provinsi Maluku ikut ambil bagian dalam Indonesia City Expo 2018 yang dilaksanakan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). 

Sejak dibuka pada Selasa (24/7) stand Pemkot Ternate selalu ramai dikunjungi. Pengunjung berasal dari warga lokal maupun dari peserta Rakernas yang datang dari berbagai Kota di Indonesia.

Stand hasil kolaborasi Dinas Pariwisata dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate ini mempromosikan berbagai potensi yang ada di Kota Ternate.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, Indonesia City Expo yang diselenggaran oleh APEKSI ini akan dijadikan ajang promosi wisata,

"Pada pameran ini, kita lebih fokus mempromosikan potensi wisata, situs-situs sejarah, keindahan alam serta spot-spot menarik yang ada di Ternate," ujar Samin.

Dia berharap dengan keikutsertaan Pemkot Ternate, khususnya Dispar, dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Ternate, pasca pameran.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Ternate, Nuryadin Rachman menjelaskan, pada pameran APEKSI tahun ini, pihaknya memperkenalkan produk-produk hasil UKM/IKM yang ada di Ternate. Selain produk olahan, Disperindag juga memperkenalkan sejumlah produk kerajinan tangan yang dikerjakan oleh UKM/IKM binaan Dekranasda.

"Semua hasil produk yang ditampilkan pada Indonesia City Expo adalah hasil UKM/IKM binaan Dekranasda Kota Ternate", tutur Nuryadin.

Indonesia City Expo 2018 di Tarakan ini akan berlangsung hingga 27 juli 2018 nanti. (DiskomsandiTernate)

Pemprov Maluku Gelar Diklat Manajemen Ekspor dan Pengelolaan Koperasi

Posted: 25 Jul 2018 01:11 PM PDT

Pemprov Maluku Gelar Diklat Manajemen Ekspor dan Pengelolaan KoperasiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kelayakan Usaha Manajemen Ekspor dan Studi Kelayakan bagi Pengelola Koperasi dan UMKM di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), berlangsung di Gedung Balai Pembina Umat Sejahtera, Saumlaki pada Selasa (24/7).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Maluku Tenggara Barat M Rahandekut, S.Pd M.Si ketika menyampaikan sambutan kepala dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku mengatakan, pada era perkembangan zaman  ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Untuk itu kita semua juga harus senantiasa "mengupgrade" ilmu pengetahuan, salah satunya mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Dikatakan, Pendidikan dan pelatihan manajemen ekspor dan studi kelayakan Usaha ini penting mengingat dalam pengambilan keputusan yang menyangkut masa depan, para pengambil keputusan memerlukan informasi, khususnya tentang apa yang mungkin akan terjadi di masa depan.

"Karena itu Koperasi harus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi menjaga kepercayaan anggota dan pelanggan, serta dapat mengubah paradigma dalam menguji kesiapan koperasi dan UMKM kedepan," harap Kadis

Sementara itu Narasumber Pusat Pelatihan Eksport Indonesia Ir Eko Herry Putranto, M.Si usai acara pembukaan kegiatan tersebut mengaku, kegiatan diklat tersebut diselenggarakan dengan alasan banyak pelaku usaha Koperasi maupun UKM yang gagal dalam usahanya karena tidak memiliki tujuan serta tidak didasari pada kajian-kajian yang benar.

"Dengan diklat studi kelayakan ini, diharapkan mereka mampu mengkaji dan melakukan usaha-usaha berdasarkan kajian yang benar dari berbagai aspek usaha, seperti aspek usaha  hukum, teknis, ekonomi dan manajemen, keuangan dan didasari dari pemahaman dan pengetahuan yang cukup," tandasnya. Dia juga berharap, kedepan para pelaku usaha khususnya koperasi dan UKM di Kabupaten Maluku Tenggara Barat bisa menembus pasar dunia, yang sebelumnya hanya pasar lokal di daerah. 

," dengan adanya pelatihan ini bisa terinspirasi bahwa produk mereka dapat dipasarkan ke luar negeri, apalagi Kabupaten Maluku Tenggara Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. misalnya perikanan, hasil perkebunan dan lain-lainnya " ujarnya.

Selaku Narasumber Dinas Provinsi, Ir Eko Herry Putranto, M.Si dari  Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia, Nur Hidayat S.TP. Lucky Nanlohy, SE Kepala UPTD Balai Diklat Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku. (DiskominfoMTB)

Said Assagaff dan Zeth Sahuburua Hadiri HUT Adhyaksa ke 58

Posted: 25 Jul 2018 01:04 PM PDT

Said Assagaff dan Zeth Sahuburua Hadiri HUT Adhyaksa ke 58 AMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wakil Gubernur Zeth Sahuburua ikut mengahadiri upacara peringatan HUT Adhyaksa ke-58, di Gedung Baileo Siwalima, Ambon, Senin (23/7).

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Triyono Haryono menyampaikan rasa bangga dan sukacita kepada korps Adhyaksa namun yang sudah berupaya menegakan hukum dengan baik, meski dalam keterbatasan.

Kepala Kejaksaan Agung, A.M Prasetyo dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Triyono, menyebutkan praktik korupsi masih menjadi salah satu persoalan besar yang kerap membayangi dan mengganggu kegiatan pembangunan infrastrutur.

Oleh karena itu, Prasetyo kembali menyerukan agar terus dilakukan konsolidasi di segenap lini dan strata, mengembangkan sinergi atas potensi dan kemampuan yang ada, termasuk meletakan pemahaman yang sama dalam membangun kesatuan pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang sangat dibutuhkan.

"Kita memerlukan evaluasi, karena banyak peristiwa dan pengalaman masa lalu yang mengharuskan kita belajar membiasakan diri, melakukan introspeksi dengan begitu kehadiran Kejaksaan akan dianggap penting, diperhitungkan karena sangat dapat diharapkan dan diandalkan," ujarnya.

Dia katakan, pihak Adhyasa selalu berupayalah menyelaraskan orientasi pemikiran dan cara kerja sebagai sebuah kehendak untuk berubah, melakukan pembaharuan dan penyesuaian berkenaan dinamika perkembangan berbagai aspek kehidupan seiring semakin besarnya ekspektasi, harapan dan tuntutan masyarakat atas dipenuhinya hak mereka untuk memperoleh keadilan.

Prasetyo menyebutkan, HUT Adhyaksa merupakan momen perbaikan, pemantapan dan penyempurnaan, yang hendaknya diartikan sebagai saat terbaik dan tepat untuk secara berkelanjutan melakukan evaluasi dan intropeksi agar lebih berani melakukan tindakan dan membuat kebijakan memperbaiki dan merubah cara-cara lama yang tidak lagi sesuai.

"Hari Bakti Adhyaksa Tahun 2018 mengangkat tema, Berkarya dan Berbakti Sepenuh Hati Menjaga Negeri.menurut hemat saya relevan dengan upaya yang harus kita lakukan bersama, untuk menjaga keutuhan dan upaya membangun bangsa yang masih sering diperhadapkan pada berbagai masalah dan persoalan sekitar keberagaman, kebhinekaan dan kebangsaan yang berpotensi mengganggu persatuan kesatuan bangsa dan dapat mengancam keutuhan NKRI," paparnya.

Dia mengingatkan, Korps Adhyaksa harus menajamkan perhatian terhadap 3 (tiga) hal pokok, pertama, komitmen menjaga konsistensi meningkatkan kinerja dan hubungan sinergitas, meningkatkan intensitas kegiatan dan produktifitas capaian untuk menunjukan kehadiran Kejaksaan secara aktual dan ajeg ditengah-tengah masyarakat setiap saat dibutuhkan.

Kedua, lanjut dia, optimalisasi pelaksanaannya tugas tanggungjawab, peran dan fungsi atas kewenangan yang dimiliki untuk mewujudkan praktek penegakan hukum yang obyektif, profesional dan proporsional yang mampu menghadirkan terbangunnya nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kepastian agar menfaatnya benar-benar dapat dirasakan.

Penegakan hukum tambah Prasetyo, juga mampu menjadi instrument penjaga keberlangsungan dan keberhasilan pembangunan, serta menjadi pilar utama memelihara keutuhan negeri.

"Ketiga, memupuk tekad dan semangat meningkatkan dedikasi dan loyalitas, menghindarkan disparitas perlakuan dan pelayanan kepada semua pihak tanpa membuat perbedaan dalam pelaksanaan penegakan hukum agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di tengah suasana keberagaman bagi terciptanya ketentraman, keamanan dan kedamaian," terangnya.

Dia menjabaran kemampuan tersebut hanya akan dimiliki jika segenap insan Adhyaksa mengerti makna semua masalah yang sedang ditangani dan dihadapi.

"Penegakan hukum oleh jajaran Kejaksaan secara substansial tidak harus semata hanya mengejar kuantitas tetapi juga mesti mengedepankan kualitas secara ideal dan berimbang. Kwantitas dan kwalitas pelayanan yang mampu memuliakan harkat dan martabat manusia dengan menjunjung tinggi keadilan, kepastian dan kebenaran yang menenteramkan," ujarnya.

Mengakhiri sambutan Prasetyo tersebut, Triyono menegaskan lima (5) poin perintah harian, yaitu Tingkatkan sensitifitas dan intensitas kepekaan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab penegakan hukum dengan cerdas, lugas dan berintegritas.

Berikutnya, memposisikan diri secara personal, fungsional dan instansional yang kukuh menggengam serta menjunjung tinggi harkat dan kehormatan profesi selaku insan Adhyaksa, agar pantas dipuji dan dihargai. Kemudian, menyadari dan menjaga diri sebagai pendamping, akselerator, pengawal dan pengaman jalannya pemerintahan dan pembangunan yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Selanjutnya, bekerja dan berkarya tanpa pamrih dengan baik sepenuh hati, meniadakan perbedaan perlakuan dan pelayanan agar memberi manfaat, memenuhi harapan kuat dari masyarakat.

"Dan terakhir, memupupuk dan menumbuhkan kembangkan semangat bekerja bersama semua pihak dalam bingkai hubungan yang solid dan sinergis, demi upaya merawat keberagaman dan kebhinekaan, bagi kebesaran bangsa dan keutuhan NKRI," pungkasnya.(HumasMaluku)

Petrus Fatlolon Harapkan KONI MTB Jadi Pengembang Semangat Sportivitas

Posted: 25 Jul 2018 12:53 PM PDT

Petrus Fatlolon Harapkan KONI Jadi Pengembang Semangat Sportivitas
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Petrus Fatlolon, SH., MH mengharapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) MTB agar mengembangkan semangat sportivitas yang tinggi sehingga kebersamaan dalam membangun daerah semakin erat.

"Saya mengajak kita semua untuk lakukan setua demi pengembangan olahraga di kabupaten ini, mari ciptakan patriot-patriot olahraga dalam menciptakan karakter masyarakat Maluku Tenggara Barat yang rela berkorban, bermental pejuang dan berjiwa sportivitas demi kebaikan kita bersama," ujar Bupati Fatlolon melalui sambutan yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Ryhard Matatula saat pembukaan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) I Tahun 2018 di Aula Urayana MSC Saumlaki pada Senin (23/7).

Dikatakan pemerintah daerah (pemda) sangat mendukung KONI dalam mengembangkan bidang-bidang keolahragaan baik di kabupaten, kecamatan hingga ke masing-masing desa.

"Saya bersama Bapak Wakil Bupati akan selalu memberikan dukungan demi kemajuan dibidang olahraga sekaligus dalam membangun karakter masyarakat kita di daerah Duan Lolat ini," ungkap dia.

Fatlolon juga berharap agar terbentuknya kepengurusan KONI MTB periode 2018-2022 melalui Musorkab perdana ini dapat menjadi jalan keluar kebuntuan pengembangan aktivitas olahraga secara terpadu.

"Saya berharap apa yang menjadi problematika dalam pengembangan olahraga di MTB bisa dipecahkan oleh kepengurusan yang baru. Mari bersama-sama berjuang untuk melaksanakan amanat ini dengan baik dalam mengembangkan potensi olahraga yang sangat luar biasa di daerah Duan Lolat ini," ujar dia.

Hal ini diungkapkan karena potensi olahraga di Kepulauan Tanimbar yang sangat besar, walaupun tidak didukung dekang fasilitas olahraga yang memadai seperti stadion maupun gedung olah raga (GOR).

"Walau belum didukung dengan fasilitas olahraga yang memeadai dan anggaran yang minim. Dengan keterbatasan yang dimiliki, namun seluruh komponen olahraga dapat mengukir prestasi dalam berbagai event olaharaga," ujar Bupati Fatlolon.

Salah satu prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh KONI MTB seperti Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) dimana duakali berturut turut yakni Popmal II tahun 2001 dan Popmal III tahun 2014, MTB mendapat predikat juara II umum dari 11 kabupaten kota.

"Olah karena itu, saya terlampau optimis bahwa dengan dasar kuat yang telah kita letakkan ini setidaknya akan menjadi momentum historis untuk kebangkita masyarakat daerah ini dibidang olahraga dalam memasuki derap langkah menuju modernisasi diberbagai bidang kehidupan," harap dia. (Laura Sobuber)

Temui Presiden Jokowi, Bawaslu Bahas Pelanggaran Netralitas di Kepulauan Maluku

Posted: 25 Jul 2018 11:21 AM PDT

Temui Presiden Jokowi, Bawaslu Bahas Pelanggaran Netralitas di Kepulauan MalukuJAKARTA, LELEMUKU.COM -  Laporkan hasil pengawasan Pilkada Serentak 2018 lalu, para Pemimpin Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dipimpin oleh ketuanya Abhan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7) siang.

Seperti dikutip dari rilis Sekretaris Kabinet (Setkab) RI, salah satu hal menjadi sorotan adalah beberapa pelanggaran netralitas selama pemilihan kepala daerah (pilkada) di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

"Yang ditekankan Presiden adalah (menjaga) netralitas TNI, Polri, ASN, dan juga penyelenggara. Dari Pilkada (Serentak 2018) ini kami memang melihat ada beberapa catatan soal netralitas dari oknum kepolisian, seperti misalnya kasus yang di Maluku. Kapolri sudah mengambil sikap tegas untuk mencopot (pelaku pelanggaran) dari jabatan Wakapolda," kata Ketua Bawaslu mencontohkan.

Kepada Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Abhan menyatakan untuk pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh anggota kepolisian di Maluku Utara, diungkapkan antara lain keberpihakan ataupun intervensi terhadap penyelenggara pemilihan.

"Seperti kasus Maluku Utara, saya kira juga melihat ini pilkadanya sudah damai, sudah selesai, tetapi masih ada riak-riak yang terlihat seperti ada intervensi-intervensi dari oknum-oknum polisi," jelas dia.

Ia mengungkapkan, pada gelaran Pilkada Serentak 2018 ditemukan sebanyak 721 kasus pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh ASN.

"Ini sudah kami rekomendasi kepada Komisi ASN, dan Komisi ASN juga sudah merekomendasikan kepada Pembina Kepegawaian Daerah untuk melakukan sanksi dan sudah dilakukan teguran dan sanksi-sanksi lainnya," papar Abhan.

Diterangkan, guna menjaga netralitas ASN, TNI, dan Polri dalam menghadapi pemilhan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) mendatang,  Abhan menjelaskan, Bawaslu berharap akan ada forum antara Bawaslu dan pemerintah untuk membahas upaya-upaya pencegahan pelanggaran netralitas ini.

"Presiden merespons dan akan membuat forum nanti agar kami bisa melakukan penekanan netralitas ASN, TNI, Polri," kata Abhan. (Albert Batlayeri)

SatpolPP Maltra Selenggarakan Bimtek Pembinaan dan Pengawasan ASN dan PPNS

Posted: 25 Jul 2018 10:35 AM PDT

SatpolPP Maltra Selenggarakan Bimtek Pembinaan dan Pengawasan ASN dan PPNSLANGGUR, LELEMUKU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Maluku Tenggara (Maltra), Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pembinaan dan Pengawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) Satpol PP dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) tahun 2018 pada Senin (23/7).

Kegiatan ini menghadirkan Kasubdit Linmas Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan Sekertaris Satpol PP Maluku serta Plt.Kasat Polpp Maltra selaku narasumber.

Mereka menyajikan materi pada sekitar 50 peserta yang terdiri dari PNS Satpol PP dan PPNS Kabupaten Maluku Tenggara.

Diantara materi yang dibawakan yakni, Kebijakan Umum Pemerintah Provinsi tentang Sistem Keamanan Lingkungan oleh Sekertaris Pol PP Provinsi Maluku), Kebijakan Pemerintah Pusat Terhadap Tupoksi Satpol PP dan Linmas oleh Kasubdit Linmas BAK Kemendagri RI dan Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat dalam rangka Penegakkan HAM oleh Plt. Kasat Pol PP Kabupaten Maluku Tenggara.

Hadir mewakili Bupati Maltra, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Kabupaten Maltra, Martinus Mon, S. Pd sekaligus membacakan sambutan Gubernur Maluku dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Target dari kegiatan ini adalah sebagai pembekalan materi kepada PNS dan PPNS Satpol PP Maltra akan tugas dan fungsinya di masyarakat sehingga perlindungan masyarakat dapat terwujud demi keamanan yang diharapkan bersama. (HumasMaltra)

DPRD Maltra Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Pertanggungjawaban APBD 2017

Posted: 25 Jul 2018 10:29 AM PDT

DPRD Maltra Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Nota Pertanggungjawaban APBD 2017
LANGGUR, LELEMUKU.COM - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku digelar di ruang sidang Utama DPRD Maltra pada  Senin (23/7).

Paripurna kali ini dalam rangka Penyampaian Pengantar Nota Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Maluku Tenggara Tahun Anggaran 2017.

Dihadiri oleh Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara yang mewakili Bupati Maluku Tenggara dan segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Maluku Tenggara, serta Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara.

Dalam pembahasannya, disampaikan tentang pemaparan total anggaran tahun 2017 yang sudah terealisasi berikut pertanggungjawaban presentase penggunaan anggaran baik fisik maupun non fisik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam kurun 1 tahun anggaran.

Diharapkan agar kedepannya dapat terwujud tranparansi penggunaan anggaran kepada seluruh masyarakat dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan cita-cita pembangunan Maluku Tenggara. (HumasMaltra)

Presiden Joko Widodo Jadwalkan ke Maluku Tenggara, Kemensesneg Kunjungi Langgur

Posted: 25 Jul 2018 10:02 AM PDT

Jelang Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Maluku Tenggara, Kemensesneg Kunjungi LanggurLANGGUR, LELEMUKU.COM - Kementrian Sekertariat Negara Republik Indonesia (Kemensesneg) RI melalui Asisten Deputi Hubungan Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Politik, M. Ari Setiawan, SE MM bersama staf melakukan kunjungan kerja ke Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara (Maltra), Provinsi Maluku pada Selasa (24/7) pagi.

Kunjungan ini disambut oleh seluruh jajaran OPD Kabupaten Maluku Tenggara dipimpin oleh Penjabat Sekertaris Daerah dan dimoderatori oleh Kepala Bappeda Maluku Tenggara.

Dalam pertemuan tersebut Asisten Deputi menyampaikan maksud kedatangannya dalam hubungan Kunjungan Presiden RI pada beberapa Daerah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, termasuk didalamnya Kabupaten Maluku Tenggara.

Ada beberapa point penting dari tiap-tiap Kepala OPD yang disampaikan  kepada Asisten Deputi terutama yang diutamakan seperti Pariwisata dan Perikanan serta dikembangkan oleh Dinas dan Badan Lainnya.

Beberapa catatan itu diantaranya fokus perhatian pemerintah pusat akan tertuju pada pengembangan 76 potensi wisata yang ada di Maltra, produksi perikanan yang mencapai 2 juta ton per tahun, fokus Maltra sebagai kawasan pengembangan bawang yang saat ini sedang produksi dan siap panen 230-400 ton.

Selanjutnya terkait kondisi panjang jalan sekitar 54,70 km di Nuhu Yut Kei Besar, akses Penerbangan Domestik Langgur - Denpasar, Bali dan potensi penerbangan Internasional antara Langgur - Darwin, Northern Territory, Australia.

Serta beberapa point juga yang krusial seperti masalah pendidikan dan kesehatan.

Pertemuan diakhiri dengan respon dari Asisten Deputi yang menyampaikan bahwa semua catatan dari Kabupaten Maluku Tenggara akan ditindaklanjuti di pusat. Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara berharap Kunjungan Presiden Jokowi bisa terealisasi agar dapat melihat langsung kondisi Kabupaten Maluku Tenggara. (HumasMaltra)

TP PKK Kota Ambon Raih Juara i Lomba B2SA Provinsi Maluku

Posted: 25 Jul 2018 09:40 AM PDT

TP PKK Kota Ambon Raih Juara i Lomba B2SA Provinsi MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon, Provinsi Maluku yang dipimpin oleh Wakil Ketua, Iffah Syarif meraih Juara Pertama dalam Lomba Masak Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman berbasis pangan lokal (B2SA) Tingkat Provinsi Maluku, yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Selasa (24/7).

Tim yang mewakili Kota Ambon dalam Lomba tersebut merupakan perpaduan dari Juara I, II, dan III, pada Lomba Masak B2SA Tingkat Kota Ambon yakni Desa Soya – Kecamatan Sirimau, Kecamatan Leitimur Selatan dan Kecamatan Baguala.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Silvia Abdullah dalam keterangannya menjelaskan, menu yang disajikan dalam lomba tersebut, terdiri dari Menu Makan Pagi, antara lain Pizza Amboina (berbahan dasar Sukun), Juice Merah Putih, dan susu 200ml; Menu Makan Siang, antara lain Ubi Pelangi, Kare Gumira, Ikan Panggang Kenari serta Manisan Salak; dan Menu Makan Malam, antara lain Selimut Kembang (berbahan Dasar Sukun), Ikan Spiral (Ikan Tuna), Urap Pucuk Beringin dan Pisang Madu.

Ditambahkan, Pemenang Lomba Masak B2SA akan mewakili Provinsi Maluku untuk mengikuti Lomba Masak B2SA tingkat Nasional yang direncanakan akan berlangsung tepat pada Hari Pangan Sedunia pada Bulan Oktober mendatang.

Tim Juri pada Lomba tersebut antara lain, Ahli Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Tiurma Sinaga, Dinas Kesehatan Propinsi Maluku, Gharib, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Theny Barlola, Chef Swissbel Hotel, TP-PKK Pusat dan Provinsi Maluku.

Selain meraih Juara I pada Lomba Masak B2SA, Kota Ambon juga meraih Juara II pada Lomba Masak Serba Ikan. (DiskominfoAmbon).

Antoni Gustav Latuheru Hadiri Rakernas Apeksi XIII di Tarakan

Posted: 25 Jul 2018 09:37 AM PDT

 Antoni Gustav Latuheru Hadiri Rakernas Apeksi XIII di TarakanTARAKAN, LELEMUKU.COM - Sekretaris Kota Ambon, Provinsi Maluku, Antoni Gustav Latuheru menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (Apeksi) XIII di Kota Tarakan, Provinsi Kalimatan Utara, Selasa (24/7).

Selain Latuheru hadir pula beberapa pejabat Kota Ambin diantaranya Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Ambon, M.Tupamahu, Sekretaris Apeksi Regional VI sekaligus Kabag Tata Pemerintahan Kota Ambon, Steven Dominggus dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Kota Ambon.

Walikota Tarakan, Sofian Raga selaku tuan rumah gelaran Rakernas Apeksi XIII menyambut kedatangan Walikota se Indonesia bersama seluruh delegasi dalam acara Welcome Dinner bertempat di taman berkampung.

Walikota Tarakan dalam sambutan singkatnya sampaikan terima kasih sekaligus ucapan selamat datang bagi seluruh Walikota dan berharap melalui Rakernas Apeksi tahun ini dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan kota-kota di Indonesia.

Pada acara Welcome Dinner tersebut, juga ditampilkan tarian khas Kalimatan yakni, Tarian Yadu Yaki yang mengartikan pertemuan orang-orang dari leluhur yang sama, dalam hal ini para walikota.

Untuk diketahui pelaksanaan Rakernas Apeksi XIII ini rencananya akan berlangsung dari tanggal 24-28 Juli 2018 dengan sejumlah agenda diantaranya, Rakernas Apeksi, Karnaval Budaya, Pameran Indonesia City Expo 2018, Penanaman pohon khas daerah masing-masing serta rangkaian kegiatan lainnya.(DiskominfoAmbon)
Bagi ke WA Bagi ke G+