Bea Cukai Maluku Kunjungi Dinas Perdagangan Malteng

Bea Cukai Maluku Kunjungi Dinas Perdagangan Malteng


Bea Cukai Maluku Kunjungi Dinas Perdagangan Malteng

Posted: 21 Jul 2018 03:50 PM PDT

Bea Cukai Maluku Kunjungi Dinas Perdagangan MaltengMASOHI, LELEMUKU.COM  - Sesuai peran dan fungsi Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator untuk ikut berperan secara aktif memajukan industri dalam negeri dan meningkatkan potensi industri kecil dan menengah di wilayah Maluku, Bea Cukai Maluku melakukan kunjungan ke Dinas Perdagangan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku pada Kamis (12/7).

Kasi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Andi Chusna Prihadiwan, bersama staf Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai mengunjungi Dinas Perdagangan Kabupaten Maluku Tengah, dalam rangka sinergi dan koordinasi terkait penggalian potensi pelaku usaha industri kecil dan menengah yang berorientasi ekspor untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan dan cukai berupa fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM). 

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka program penguatan reformasi kepabeanan dan cukai di wilayah Kanwil Bea Cukai Maluku yaitu peningkatan jumlah pengusaha IKM yang berorientasi ekspor untuk menggunakan fasilitas KITE IKM melalui koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. (BeaCukaiMaluku)

Pemkab SBB Gelar Ramah Tamah dengan 105 CJH

Posted: 21 Jul 2018 10:51 AM PDT

Pemkab SBB Gelar Ramah Tamah dengan 105 CJHPIRU, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku menggelar ramah tamah bersama 105  calon jamaah haji (CJH) asal SBB  musim haji tahun 2018/1439 Hijriah, yang berlangsung di Pendopo bupati. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBB.

Bupati Seram Bagian Barat dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat yakin bahwa calon Jamaah Haji Kabupaten SBB sudah siap jasmani dan rohani  dalam melaksanakan ibdaha haji tahun ini untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

"Hal yang utama dan terutama adalah menjaga fisik para jamaah karena akan merasakan suhu yang mungkin sangat tinggi di tanah suci. Saya mengingatkan untuk banyak minum air minelar karena akan menguras fisik para jamaah yang terkena panas matahari dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu para jamaah harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan karena akan berkumpul dengan jutaan jamaah haji yang ada dari berbagai Negara lain. Keiklasan dalam beribadah perlu jemaah utamakan karena jemaah merupakan tamu Allah yang melaksanakan rukun haji yang wajib. Kesabaran kita sebagai jemaah perlu dijaga dalam melaksanakan ibadah haji, supaya kita bisa menjadi haji yang makmur dan dapat menjadi contoh haji yang akan datang " ucap Bupati SBB.

Katanya pula, penyelenggaraan ibadah haji ali ini kiranya dapat memberikan pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya  sehingga jamaah dapat menunaikan ibdahanya dengan ketentuan ajaran agama islam. Kiranya jamaah dapat menjaga nama baik kita bersama dan nama baik Kabupaten Seram bagian Barat dari sini sampai d tanah suci dengan sikap, kepatuhan dan kedisiplinan.

Bupati menyarankan kepada para jemaah haji agar tetap fokus dalam menjalankan ibadah, jangan terlalu banyak berfikir atau melakukan hal-hal lain yang nantinya dapat mengurangi kualitas ibadah. 

Harus pasrah dan berserah diri terhadap apa yang telah di tentukan Allah SWT. Kita mendoakan kepada seluruh jamaah haji agar senantiasa sehat dan tak kurang apapun selama menjalankan ibadahnya. (DiskominfoSBB)

105 Jemaah Calon Haji dari Seram Bagian Barat Gabung ke Kloter 11

Posted: 21 Jul 2018 10:48 AM PDT

105 Jemaah Calon Haji dari Seram Bagian Barat Gabung ke Kloter 11PIRU, LELEMUKU.COM - Sebanyak 105 Jemaah Calon Haji dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku yang tergabung di kloter 11, Embarkasi Makasar akan mengikuti  Ibadah haji pada musim haji tahun 2018/1439 Hijriah. Jumlah tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama SBB La Fata, S.Ag , saat dihubungi media ini, Jumat (20/7).

"Kendala selama persiapan penyelenggaran Haji Tahun ini pun hampir tidak ada, selain satu Jemaah Haji yang meninggal dunia pada saat sebelum pemeriksaan kesehatan ke dua. Ini menyebabkan tidak bisa mempersiapkan ahli waris pengganti sehingga kuota tahun ini terpangkas dari jumlah seharusnya 106 Jamaah," tuturnya.

La Fata lalu melanjutkan, Pihaknya bekerja sama dengan Pemda Kab. SBB  beserta Kepolisian daerah akan melepas Jemaah Calon Haji pada minggu 22 juli 2018 bertempat di  gedung Hatutelu, setelah sehari sebelumnya Jemaah mengikuti bimbingan manasik di Hotel Manise piru.  Sebelum berangkat Bupati SBB juga akan menjamu Jemaah calon haji serta makan malam bersama di pendopo bupati.

Selanjutnya La Fata menambahkan, dari Piru jemaah akan diberangkatkan ke ambon menuju Hotel Santika untuk kemudian ke Makassar sehari setelahnya.

Jemaah calon haji SBB dibagi 3 regu, dijadwalkan meninggalkan tanah air pada tanggal 25 Juli 2018 dan diperkirakan tiba di Tanah Suci pada 26 Juli 2018. Di sana Jemaah Calon Haji akan mengikuti Prosesi ibadah yang berlangsung kurang lebih 40 hari, sebelumnya kembali lagi ke Tanah air.

Menurut, Ima Saimima selaku bagian Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag SBB pun turut menyampaikan informasi tentang begitu tingginya animo masyarakat SBB memenuhi Rukun kelima Umat Muslim ini. Dimana ada 700 hingga 800 pendaftar setiap tahunnya, sehingga daftar tunggu untuk keberangkatan butuh waktu 7 sampai 8 tahun dari sekarang.

Untuk Jemaah Calon Haji tahun ini, Saimima berharap nantinya bisa mempersiapkan kondisi fisik masing-masing, tidak membawa barang bawaan yang berlebihan karena Panitia Haji di Tanah Suci telah mempersiapkan segala kebutuhan Jemaah dengan baik. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah selalu memperhatikan Dokumen-dokumen keberangkatan beserta barang bawaanya selama berada di Tanah Suci.

Terakhir Saimima berharap kedepan nantinya Kabupaten Seram Bagian Barat dapat diberikan tambahan Kuota Haji oleh Pemerintah,  sehingga daftar tunggu Keberangkatan  bisa diperpendek dan mempermudah umat Muslim SBB untuk Berhaji. (DiskominfoSBB)

Kemenag SBB Minta CJH Jaga Kesehatan di Arab Saudi

Posted: 21 Jul 2018 10:45 AM PDT

Kemenag SBB Minta CJH Jaga Kesehatan di Arab SaudiPIRU, LELEMUKU.COM - Calon Jemaah Haji (CJH) Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku yang akan diberangkatkan pada, Rabu (25/7) melalui Embarkasi Makassar dihimbau untuk menjaga kesehatan. Hal itu dikarenakan suhu panas di Arab Saudi bisa mencapai 43 derajat.

"Kepada calon jemaah haji harus jaga kesehatan, sebab yang diutamakan dalam perjalanan adalah fisik, kalau fisik lemah otomatis ibadah haji akan terganggu," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten SBB La Fata, S.Ag , Jumat (20/7).

Sebelum keberangkatan ia  meminta agar para jemaah haji melakukan cek kesehatan secara rutin. 

"Terlebih sebagian besar kondisi jamaah haji beresiko tinggi, karena kategori lanjut usia atau menderita suatu penyakit. Setiap kloter yang berangkat juga telah dilengkapi dengan tenaga kesehatan yang mempuni serta ada dokter yang akan mendampingi setiap kloter," ujar dia.

Ada sebagian jamaah haji yang mempunyai riwayat penyakit tertentu yang sering dia alami diperbolehkan membawa obat-obatan, minyak kayu putih dan sebagainya, tetapi sesuai dengan yang ditetapkan oleh kemenag.

Atribut jemaah haji juga mendapat perhatian serius, Fata menghimbau agar setiap jamaah menjaga atribut yang dibawa.

"Walaupun pemerintah telah mendesain tas untuk menaruh atribut peserta haji, alangkah baiknya supaya jemaah haji memperhatikan dan menjaga perlengkapan atribut-atribut yang dibawa seperti Pasport, visa, buku kesehatan dan lain-lain jangan sampai lupa dan jangan sampai tercecer," tambah dia.

Dikatakan untuk calon jamaah haji SBB tahun 2018 sebanyak 105 orang, mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2017 sebanyak 110 orang.

Kepala Kantor Kemenag juga  berharap seluruh tahapan jemaah haji berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan serta seluruh prosesi ibadah tidak mengalami kendala dari keberangkatan sampai pemulangan jamaah haji SBB.

Terakhir ia  berpesan kepada Calon Jamaah Haji Indonesia agar menjaga Kesehatan, semoga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan supaya dapat beribadah dengan baik dan bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sehingga bisa memperoleh haji yang mabrur. (DiskominfoSBB)

Kemenag SBB Lepas 33 Peserta Kompetisi Sains Madrasah (SKM) Maluku

Posted: 21 Jul 2018 10:45 AM PDT

Kemenag SBB Lepas 33 Peserta Kompetisi Sains Madrasah (SKM) MalukuPIRU, LELEMUKU.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku melepas 33 peserta Kompetisi Sains Madrasah (SKM) SBB ke seleksi tingkat provinsi Maluku, di pelataran halaman kantor Kemenag SBB, Jumat(20/7).

Turut menghadiri acara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB, Kepala Sekolah Madrasah MI, MTs dan MA, para guru pendamping  peserta KSM dan anak-anak  peserta Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi.

Ketua Kemenag Seram Bagian Barat (SBB) La Fata, S.Ag , dalam sambutannya mengatakan  Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang membangun kemampuan bagi madrasah di Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuh budaya belajar, serta kreativitas dan motivasi untuk meraih prestasi, bertujuan untuk memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosi, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama serta menjaring bibit-bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompitisi tingkat nasional.

La Fata berharap 33 peserta  yang mengikuti ke tingkat provinsi dapat meraih  hasil yang maksimal dan membawa nama baik SBB sampai ke tingkat nasional. Ia juga berharap kepada seluruh yang mengambil bagian dalam kegiatan dapat memberi dukungan, atensi dan doa kepada para peserta KSM.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB Dra. Hj. H. Hehanussa,  sekaligus membuka acara berharap dengan Kompetisi ini anak-anak lebih giat untuk belajar dan menggali potensi dalam diri.

"Anak-anak yang berangkat adalah anak-anak yang terpilih dan terbaik untuk berjuang serta bertanding mewakili Kabupaten Seram Bagian Barat, olehnya itu diharapkan agar anak-anak lebih giat lagi agar dapat mewakili provinsi Maluku ke tingkat Nasional," Tambahnya.

Peserta terdiri dari siswa MI, MTs dan MA yang berjumlah 33 orang. KSM tingkat provinsi akan digelar Senin 23 Juli 2018 di MAN 2 Maluku Tengah, Desa Tulehu. Akan memperlombakan bidang study Matematika, IPA, IPS, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Untuk tingkat MI sebanyak 6 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah Sains IPA terintegrasi 3 orang peserta dan Matematika terintegrasi 3 orang peserta.

Untuk tingkat MTs sebanyak 9 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah IPA terintegrasi 3 orang peserta, IPS terintegrasi 3 orang peserta, dan Matematika terintegrasi 3 orang peserta.

Sedangkan untuk tingkat MA sebanyak 18 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah Matematika terintegrasi 3 orang peserta, Biologi terintegrasi 3 orang peserta, Fisika terintegrasi 3 orang peserta, Kimia terintegrasi 3 orang peserta, Ekonomi terintegrasi 3 orang peserta dan Geografi terintegrasi 3 orang peserta. (DiskominfoSBB)

Peter Martin Christian Makan Malam dengan Forkopimda Maluku

Posted: 21 Jul 2018 07:20 AM PDT

Peter Martin Christian Makan Malam dengan Forkopimda MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - President Federeted States of Micronesia (FSM), Peter Martin Christian melaksanakan makan malam bersama Forkopimda Maluku yang dilaksanakan di Kediaman Gubernur Maluku, di Mangga Dua, Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon pada Jumat (21/7) pukul 19.30 WIT.

Makam malam bersama ini dihadiri oleh President Christian, Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Waka Polda Maluku Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si, MM., Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Kajati Maluku, Danlanud Pattimura Ambon dan para Forkopimda Maluku lainnya.

Acara makam malam ini dibuka oleh Gubernur Assagaff kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh President Federated States of Micronesia Peter Christian yang ingin meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Provinsi Maluku, terutama dibidang pendidikan dan ekonomi.

Usai memberikan sambutan acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Gubernur Maluku kepada President Micronesia dan dilanjutkan dengan acara makan malam bersama.

Sebelumnya Presiden Universitas Pattimura (Unpatti) berikan kuliah umum kepada mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Pattimura (Unpatti) di Aula Rektorat Lantai 2 Poka. 

Selain memperkenalkan dirinya, Presiden juga memperkenalkan secara umum tentang negaranya dan berkeinginannya untuk bisa bekerjasama dengan Indonesia. 

"Saya dan Presiden Joko Widodo telah sepakat untuk tingkatkan kerja sama bidang kelautan dan peningkatan konektivitas. Hal ini berikan keuntungan sebab jadi solusi untuk dua negara," ujar dia dalam perkuliahan umum yang disampaikan bersama dengan Rektor Unpatti  Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum pada Jumat (20/7). 

Kegiatan perkuliahan umum dengan tema "Mikronesia dan Indonesia : Kerjasama Saat Ini dan Masa Depan" itu sendiri diwarnai dengan ucapan selamat datang di Kota ambon oleh rektor dan para mahasiswa Univeristas Pattimura.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari mahasiswa kepada Presiden dari negara yang berada di utara Samudera Pasifik itu.

Beberapa pertanyaan yang disampaikan diantaranya: upaya untuk melaksanakan kerjasama antar dua negara, Apakah ada kemungkinan untuk pertukaran pelajar, Harapan untuk bekerjasama di Bidang perikanan dan kelautanserta apa upaya Politisi untuk menciptakan kerjasama.

Presiden Peter Christian bersama rombongan tiba di Ambon dengan menggunakan pesawat Reguler Garuda Indonesia dari Jakarta dengan No Penerbangan GA 646 dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Ambon, dibandara ia disambut dengan pengalungan bunga serta Tarian "Lenso" dan Musik adat Maluku "Toto Buang".

Dalam kunjungannya ke Maluku, Presiden Federal State Of Micronesia didampingi beberapa staffnya diantaranya Christian Christother I, Chandra Putra Racman, Dimas Muhammad, Editiawarman , Efhardian, Fajar, Falcam Leo, Fari S Nur Yudha, Gallen Joses R, Halbert Master M, Hendri Purnomo, Muhammad Irwan F, NL Natas, Perman Fredy, Robert Lorim S, Rudi Hartono, Suenaga Kunio, Suparman, Tamala Alfiano dan Widani Sayo Oka. (Albert Batlayeri/HumasPoldaMaluku)

Piterson Rangkoratat Minta Kepala SD dan SMP di MTB Serius Kelola Dana BOS

Posted: 21 Jul 2018 06:20 AM PDT

Piterson Rangkoratat Minta Kepala SD dan SMP di MTB Serius Kelola Dana BOSSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Para Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), diminta secara seruis mengelola Dana Bantuan Operasioanl Sekolah (BOS) secara baik, sehingga ke depan tidak lagi menimbulkan kerugian keuangan negara.

Permintaan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Piterson Rangkoratat, saat melakukan pertemuan bersama para kepala sekolah dan bendahara Dana BOS, di ruang auditorium lantai 4 kantor bupati, Rabu, (18/7).

Permintaan serius tersebut sehubungan dengan temuan BPK RI yang melakukan audit Angggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017, terdapat ada satu komponen penganggaran dalam postur APBD Kabupaten MTB, yang tidak dikelola atau ditampung, sehingga menimbulkan kerugian materil hingga mencapai milyaran rupiah.

"Berdasarkan ketentuan undang-undang yang berlaku maka, nilai dana BOS yang kurang lebih hampir 22 miliyar rupiah, tidak dapat dikelola dengan baik, maka secara materil termasuk salah satu pengecualian yang membuat BPK membuat opini kepada pemerintah daerah, masih tetap ada pada posisi Wajar Dengan Pengecualian," ungkap Sekda.

Sekretaris daerah menegaskan kepada para kepala sekolah dan Bendahara, meskipun dana yang dikelola ditransfer dari provinsi namun laporan pertanggungjawabannya juga harus  disampaikan kepada pemerintah daerah. 

"Pertama dana BOS yang sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah agar proses pengelolaan dan pertanggungjawabannya segera dilaporkan secara resmi sesuai dengan mekanisme yang tersedia kepada dinas pendidikan. Kedua, batas waktu untuk menyampaikan  triwulan I dan II paling lambat awal bulan Agustus 2018," tegas Sekda.

Selanjutnya pada minggu pertama bulanAgustus, akan dilakukan kembali pertemuan bersama Bupati untuk mengevaluasi sejauhmana pengelolaan dana BOS tersebut, jika terdapat sekolah yang masih saja belum bisa mengelola Dana BOS maka kinerja para sekolah tersebut akan dievaluasi.

"Bukan saja kita gunakan uang secara fisik untuk menguntungkan diri sendiri, atau menguntukngan orang lain yang kemudian disebut korupsi tetapi, tata kelola administrasi keuangan yang salah yang mengakibatkan terjadi kerugian negara itu juga korupsi," lanjut Sekda. (DiskominfoMTB)

Satgas TMMD Latih PBB di SMPN 4 Tehoru

Posted: 21 Jul 2018 05:29 AM PDT

Satgas TMMD Latih PBB di SMPN 4 Tehoru
YAPUTI, LELEMUKU.COM - Guna melatih kedisiplinan, loyalitas, kekompakan dan menumbuhkan rasa persatuan dan tanggung jawab generasi muda sejak dini, Anggota satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi Serma Sarjan Tuahuns melaksanakan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang bertempat di SMP N 4 Tehoru Desa Yaputi, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Sabtu (21/7).

Kegiatan pelatihan PBB merupakan sala satu program kegiatan non fisik yang sudah di rencanakan oleh  Satgas TMMD Ke 102 Kodim 1502/Masohi dengan tujuan agar para siswa mengikuti dengan baik dan pendidikan awal Bela Negara untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan di lingkungan sekolah. 

Dan juga wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan kebersamaan.

Kegiatan ini di ikuti oleh siswa siswi kelas I dan kelas II yang berjumlah 50 orang. Kegiatan sangat mendapat antusias dari siswa sehingga meskipun di terpa oleh sinar mentari yang tinggi tak mengurangi semangat para siswa dalam mengikutinya.

"Kegiatan ini  sebagai wujud kepedulian  dalam dunia pendidikan dan merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan," pungkas Serma Sarjan Tuahuns. (Penrem151)

KM Egron Lakukan Pelayaran dari Saumlaki - Molu Maru

Posted: 21 Jul 2018 05:13 AM PDT

KM Egron Lakukan Pelayaran dari Saumlaki - Molu MaruSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Egron akan melakukan pelayaran pada Sabtu (21/7) pukul 16.00 WIT.

Menurut Direktur Utama PT. Kalwedo Kidabela, Petrus P. Werembinan , SH kapal feri ini akan melayani rute Saumlaki - Seira - Wunlah - Larat - Yaru - Molu Maru pulang pergi.

Sementara tiket penumpang atau barangnya dapat dibeli di kantor Badan Usaha Milk Daerah (BUMD) PT. Kalwedo Kidabela di ruang tunggu Dermaga Penyebrangan Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

KMP Egron dengan bobot mati 750 DWT (dead weight tonage) ini merupakan kapal yang dibuat pada 2008 oleh PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia (ASSI) di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. 

Meski baru, kapal ini pernah mengalami kerusakan dan docking di Dok Wayame, Ambon sehingga dalam beberapa waktu tidak melakukan pelayanan.  (Laura Sobuber)

Warga Tanimbar Wajib Dukung Angelika Batfutu di Miss Grand Indonesia 2018

Posted: 21 Jul 2018 03:40 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Warga Tanimbar baik yang berada di Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku maupun yang berada diluar wajib mendukung Angelika Batfutu, Miss Grand Maluku 2018 yaitu putri asli asal Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), yang mewakili Provinsi Maluku dalam ajang kontes kecantikan bergengsi berskala nasional, Miss Grand Indonesia 2018.

Acara Grand Final Miss Grand Indonesia 2018 sendiri akan dilaksanakan pada malam ini, Sabtu (21/7) dan akan disiarkan secara langsung di stasiun Surya Citra Televisi (SCTV) pada pukul 20.00 WIT hingga 22.00 WIT.

Assisten III Bidang Administrasi Umum, Ryhard Matatula mengajak semua masyarakat Tanimbar untuk bersyukur atas kesempatan yang Tuhan berikan bagi Kepulauan Tanimbar untuk menunjukan potensinya yang sangat luar biasa melalui putri terbaik Tanimbar asal Desa Olilit tersebut.

"Secara pribadi pertama-tama saya mengajak kita semua untuk harus bersyukur karena Tuhan luar biasa memberikan salah satu putri Tanimbar asal Olilit maju dalam ajang Miss Grand Indonesia. Itu berarti potensi kita di MTB sangat luar biasa," ajak dia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Sabtu (21/7).

Matatula juga menegaskan bahwa ajang kecantikan yang sedang diikuti oleh dara 23 tahun tersebut merupakan kegiatan positif yang sekaligus merupakan ajang promosi bagi Bumi Duan Lolat sebagai perwakilan Provinsi Maluku di tingkat nasional.

"Berikutnya ini kegiatan positif yang sekaligus juga memperkenalkan kabupaten kita  sebagai perwakilan Provinsi bisa sejajar dengan  provinsi yang lain, kita harus bangga sebagai anak Tanimbar," tegas dia.

Asisten III Matatula pun mengajak seluruh masyarakat Maluku, terutama Tanimbar untuk bersama-sama mendukung Angelika Batfutu melalui sms dan doa, karena doa merupakan kekuatan sejati menjadi lebih dari seorang pemenang.

"Marilah seluruh basudara MTB dan semua masyarakat Maluku dimanapun berada mari kita dukung Angelika Batfutu dengan memberikan dukungan lewat sms dan tentunya lewat doa-doa yang dinaikan karena itulah kekuatan untuk menjadi lebih dari pemenang," pinta dia.

Cara memilih Angelika Batfutu di ajang tersebut adalah melalui halaman penggemar dari akun resmi SCTV, menyukai foto Angelika Batfutu pada album Miss Grand Indonesia serta melalui sms di Indosat dengan cara ketik "MGI (spasi) MALUKU  kirim ke 93826", XL "MGI (spasi) MALUKU kirim ke 93826", Telkomsel dengan cara ketik "MGI (spasi) MALUKU kirim ke *97080*", pemilihan ini akan ditutup pada pukul 21.00 WIT, pada Sabtu malam mini (21/7). (Laura Sobuber)

Dinas PUPRP MTB Tingkatkan PAD via IMB

Posted: 21 Jul 2018 02:58 AM PDT

Dinas PUPRP MTB Tingkatkan PAD via IMBSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pemukiman (PUPRP) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Papua terus berupaya melakukan berbagai terobosan.

Salah satu terobosan yang sedang dilakukan adalah mengharuskan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat untuk wajib membayar Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas PUPRP MTB Yani Laratmase saat ditemui (18/7) mengatakan, terobosan ini telah dilakukan dengan instruksi Bupati.

"Instruksi Bupati itu mengharuskan semua ASN termasuk Pegawai Tenaga Kontrak di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat wajib berproses IMB, ini syarat untuk meningkatkan PAD," ujarnya.

Selain ASN dan Pegawai Tenaga Kontrak Daerah di lingkup pemda yang diharuskan untuk wajib berproses IMB, berdasarkan  instruksi Bupati tersebut pihaknya juga akan melakukan hal yang sama ke tingkat Kepolisian dan instansi –intansi vertikal dengan tujuan semata untuk meningkatkan Pendapatan Asli daerah.

"Satu-satunya SKPD di Kabupaten yang menghasilkan PAD yang sudah melampoi target untuk semester satu tahun ini, cuma dinas PU. yakni 750 juta kita sudah melampoi ke 824 juta rupiah, jadi tahun ini kita mengalokasikan tambahan PAD sekitar 250 juta pada perubahan APBD 2018, " bebernya.

Diakui selama ini hanya masyarakat umum yang wajib berproses IMB namun dengan terobosan baru yang akan ditetapkan dengan instruksi Bupati tersebut akan lebih mendongkrak penerimaan dinas PU untuk menambah konstribusi bagi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Laratmase menghimbau kepada  semua masyarakat untuk berproses IMB sebagai wujud berpartispasi dalam pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. 

"Sesuai dengan Perda nomor 11 tahun 2014 tentang bangunan dan gedung dan peraturan Menteri PU nomor  5 tahun 2016 dan Jo. Peraturan Menteri PU nomor  6 tahun 2017, menghimbau kepada semua masyarakat untuk berproses IMB, karena IMB itu penting dalam proses penataan ruang Kabupaten Maluku Tenggara Barat sehingga Pemerintah Daerah bisa mengatur akses tranportasi, akses Air bersih, akses Drainase, akses Telekomunikasi dan penerangan, " harapannya. (DiskominfoMTB)
Bagi ke WA Bagi ke G+