Bangun Pabrik Gula di SBB, Yasin Payapo MoU dengan PT. Hermes Seram Indonesia

Bangun Pabrik Gula di SBB, Yasin Payapo MoU dengan PT. Hermes Seram Indonesia


Bangun Pabrik Gula di SBB, Yasin Payapo MoU dengan PT. Hermes Seram Indonesia

Posted: 14 Jul 2018 02:10 PM PDT

Bangun Pabrik Gula di SBB, Yasin Payapo MoU dengan PT. Hermes Seram IndonesiaJAKARTA, LELEMUKU.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia tengah fokus mengembangkan investasi pembangunan industri gula di Indonesia dalam rangka mencapai swasembada gula melalui pengembangan pembangunan pabrik gula baru yang ditandai dengan dilakukannya penandatangan nota kesepahaman (MoU) pada Selasa (10/7) antara PT. Hermes Seram Indonesia (HSI) dengan Bupati Seram Bagian Barat (SBB) M Yasin Payapo terkait Investasi Pabrik Gula yang akan dibangun di Kabupaten SBB, Provinsi Maluku.

Penandatanganan yang di saksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Iwantoro selaku Ketua Tim Upaya Khusus (Upsus) Percepatan Investasi Industri Gula, Sapi dan Jagung ini bertujuan untuk mencapai target swasembada gula di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Iwantoro mengatakan bahwa potensi sumber daya alam Seram Bagian Barat masih tersimpan rapi, sehingga sangat berpotensi untuk mengembangkan investasi melalui pembangunan pabrik gula, mengingat kebutuhan gula yang cukup besar di Indonesia sehingga dapat menjadi peluang bagi investor yang ingin menggarap pasar dalam negeri.

"PT. Hermes Seram Indonesia akan membangun pabrik gula di atas lahan seluas 25.000 hektare dengan kapasitas awal sebesar 10.000 Tone Cane PerDay (TCD), " jelas Syukur.

Dalam pelaksanaan MoU tersebut, Kementerian Pertanian melalui satuan tugas kemudahan berusaha di bidang pertanian bertindak memfasilitasi para investor untuk dapat merealisasikan rencana pembangunan pabrik gula, mulai dari penyiapan lahan hingga menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan daerah.

Saat ini Kementan tengah menargetkan Indonesia akan swasembada gula konsumsi pada 2019 dan gula industri pada 2025. Target tersebut ditetapkan oleh pemerintah tidak semata-mata untuk mewujudkan kedaulatan pangan, tapi juga untuk mensejahterakan petani.

Bentuk keseriusan pemerintah dalam pengembangan industri gula di Indonesia salah satunya dengan melibatkan 17 Investor untuk membangun pabrik gula baru yang ditargetkan terealisasi seacaa bertahap sejak tahun 2017.

Nilai invetasi pembangunan pabrik gula tersebut diperkirakan sebesar 41,44 Triliun, Dari 17 pabrik gula yang akan dikembangkan, 5 pabrik gula sudah beroperasi, 3 pabrik gula sedang dalam proses pembangunan, sisanya sedang dalam proses penyelesaian perizinan terutama terkait dengan lahan. Pembangunan Industri gula ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 189.650 orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 284.475 orang, selain itu juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar pabrik gula tersebut.

Untuk mengembangkan 17 industri gula ini dibutuhkan 604.000 ha lahan. Dengan pengembangan tersebut diperkirakan akan menambah produksi gula sebesar 2.352.000 ton.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Hermes Sugar Indonesia, Parekat Vynat Shivanand mengatakan bahwa selain mengembangkan pabrik gula, PT. Hermes Seram Indonesia juga akan serius memajukan Kabupaten Seram Bagian Barat secara ramah lingkungan dengan membangun pembangkit listrik Co – Generation 25 MW dan dengan didukung 25.000 hektar lahan yang bisa diusahakan untuk perkebunan. "Nantinya kita juga akan menggunakan green energy, memanfaatkan limbah tebu sehingga mendukung zero waste, " ujar Shivanand.

Lebih lanjut Shivanand mengatakan bahwa lokasi pabrik di Seram Bagian Barat yang berada di kepulauan, tidak menjadi hambatan bagi investor untuk membangun pabrik gula. Mengingat Indonesia juga merupakan pasar gula yang sangat luas.

"Menurut target yang sudah dibuat perencanaannya, pembangunan pabrik diperkirakan akan selesai sekitar 18 bulan. Setelah pembangunan berjalan 6-7 bulan lahan tebu akan mulai ditanami. Sehingga saat pabrik selesai bisa segera melakukan aktifitas produksi, " jelas Shivanand.

Untuk percepatan realisasi investasi, Bupati Seram Bagian Barat, M. Yasin Payapo selaku kepala daerah, akan memberikan kemudahan-kemudahan. Kerjasama antara investor dengan Pemkab Seram Bagian Barat ini juga harus memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Terutama meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. "Keluarga miskin di Seram Bagian Barat masih 21 ribu jiwa. Dalam waktu dekat secara perlahan akan bisa dikeluarkan salah satunya dengan mengundang investor menjalankan kegiatan usaha," tutup Yasin. (HumasKementan)

Andap Budhi Revianto Ajak Warga Kota Ambon Nobar Final Piala Dunia 2018

Posted: 14 Jul 2018 01:03 PM PDT

Andap Budhi Revianto Ajak Warga Kota Ambon Nobar Final Piala Dunia 2018
AMBON, LELEMUKU.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku akan menggelar acara nonton bareng (Nobar) Final Piala Dunia 2018 Russia yang mempertemukan kesebelasan dari negara Perancis melawan Kroasia yang akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Ambon pada Minggu (15/7) pukul 21.00 WIT.

Melalui media ini, Kepala Polda (Kapolda) Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto Sik mengundang masyarakat kota Ambon untuk hadir bersama sama Polri untuk nonton bersama yang bertujuan juga sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 72.

"Nobar ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari bhayangkara ke 72, juga dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan mempererat silaturahmi antara Polri dengan Masyarakat," ungkap Kapolda.

Revianto juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku tetap menjaga persatuan dan kesatuan walaupun berbeda dalam dukungan terhadap kesebelasan yang bertanding.

"Mari katong jaga katong pung maluku tercinta ini supaya tetap aman dan damai. Kalau bukan katong siapa lagi," ujar dia.

Selain Nobar, acara ini juga akan diselingi dengan acara hiburan dan pembagian doorprize berupa beberapa buah sepeda Motor, kulkas dan masih banyak hadiah menarik lainnya. (Albert Batlayeri)

2009 Orang Lolos Tes Administrasi Honorer Daerah MTB

Posted: 14 Jul 2018 12:37 PM PDT

2009 Orang Lolos Tes Administrasi Honorer Daerah MTBSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengumumkan hasil Tes Administrasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada Sabtu (14/7) pukul 09.00.WIT.

Hal ini disambut ribuan peserta dengan mendatangi kantor yang terletak di samping Kantor Bupati, Jalan Poros Ir Soekarno, Saumlaki. 

Salah satu peserta bernama Melki menyatakan dirinya sangat antusias dengan hasil ini, sebab ia bersama beberapa rekannya lulus pada tes pertama honorer daerah ini.

"Saya akan siap untuk jalani tes honorer berikutnya. Sebab ini adalah kesempatan saya untuk mendapatkan pekerjaan, sebelum nanti ada pendaftaran CPNS," ujar dia.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, sekitar 2.009 orang dinyatakan lolos Tes Administrasi. Pada tanggal 16 dan 17 Juli 2018 nanti para peserta tes akan melakukan pengambilan Kartu Peserta di kantor tersebut dengan batas waktu mulai dari pukul 08.00 hingga 16.30.WIT.

Selanjutnya pada tanggal 19 Juli 2018 mulai dari pukul 07.00  hingga 08.00.WIT dilakukan Registrasi Ulang yang bertempat di Gedung Kesenian Saumlaki.

Kemudian pada tanggal 19 Juli 2018 dilakukan Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang bertempat di Gedung Kesenian Saumlaki pada pukul 09.00 hingga 12.00.WIT. (Albert Batlayeri)

Tingkat Partisipasi Disabilitas di Pilkada Maluku 2018 Meningkat

Posted: 14 Jul 2018 08:03 AM PDT

Tingkat Partisipasi Disabilitas di Pilkada Maluku 2018 MeningkatAMBON, LELEMUKU.COM – Pemilihan Gubernur dan wakil Gubermnur (Pilgub) Maluku 2018 menyisakan hal positif bagi pemilih disabilitas. Tingkat partisipasi pemilih disabilitas cukup tinggi dibandingkan pemilih dengan kondisi fisik normal.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menyebutkan, pemilih disabilitas yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub sebanyak 2.371. Terdiri dari laki-laki laki-laki 1.020 dan perempuan 1.351.

"Yang menggunakan hak pilih, laki-laki 958 dan perempuan 1.312, total 2.270,"kata Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun saat membacakan Berita Acara penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Senin (9/7).

Sementara itu, total jumlah pemilih Pilgub Maluku dalam DPT sebanyak total 1.149.990, terdiri dari laki-laki 566.266 dan perempuan 583.724, Pemilih DPPh laki-laki 1.570 dan perempuan 861, total 2.421, pemilih dalam dalam DPTb/e-KTP/Suket, laki-laki 17.205 dan perempuan 19.540, total 36.790.

"Jumlah pemilih total 1.189.201, yang terdiri dari pengguna hak pilih dalam DPT 776.399, DPPh 16.678, DPTb/e-KTP/Suket sebanyak 395.609. Jumlah seluruh pengguna hak pilih sebanyak 814.038. Dengan suara sah sebanyak 805.381 dan suara tidak sah 8.384,"sebut Rifan.

Rifan bersyukur, karena pemilih disabilitas memiliki kesadaran dan partisipasi politik yang baik. KPU akan berupaya agar partisipasi pemilih disabilita terus meningkat dalam pemilihan umum 2019.

"Ini hal yang positif. Dan, kita akan tetap berupaya agar pemilih disabilitas dapat menyalurkan hak politik secara nyaman, dan terus meningkat,"ujar Rifan secara terpisah. (HumasKPUMaluku)
Bagi ke WA Bagi ke G+