Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat


Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat

Posted: 16 Jul 2018 03:00 PM PDT

Said Assagaff Harapkan Satpol PP Tingkatkan Pelayanan ke MasyarakatSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff harapkan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  dan Satuan Perlindungan Masyarakat  (Linmas) di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Harapan saya peningkatan kinerja ASN Polisi Pamong Praja dan Satuan Linmas dalam penyelenggaraan Tugas dan Fungsi untuk menciptakan kondisi Wilayah Daerah Provinsi Maluku maupun Kabupaten yang Tenteram, Tertib dan Teratur," ujar Gubernur Assegaff dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bid.Pemerintahan Setda MTB Yohanis Batseran pada Selasa (10/7).

MTB diharapkan untuk terus dikondisikan sebagai daerah yang aman dan damai sehingga upaya pemerintah dalam membangun daerah dapat terus berjalan tanpa ada kendala berarti. 

"MTB harus jadi daerah yang tenteram, tertib dan teratur agar dapat memberi peluang demi suksesnya berbagai proses pembangunan yang direncanakan bagi daerah perbatasan dan khususnya telah menyukseskan pesta demokrasi dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah yang baru saja dilaksanakan," ujar dia.

Pemprov Maluku juga memberikan respons positif terhadap upaya-upaya yang dilakukan lewat kebijakan program dan atau kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga dan kapasitas aparatur terutama anggota Polisi Pamong Praja dan anggota Satuan Linmas.

"Sehingga melalui  kegiatan penunjang berupa Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas ASN Satuan Polisi Pamong Praja ini maka peningkatan partisipasi demokrasi, hukum, ketertiban, dan keamanan di Kabupaten MTB yang kita sama-sama cintai dapat terwujud," harap dia.

Dikatakan peningkatkan kapasitas, kapabilitas, serta profesionalitas Satpol PP dan Linmas di Kepulauan Tanimbar berguna untuk mengoptimalkan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dalam rangka memelihara Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

"satuan polisi pamong praja serta satlinmas selain memiliki tugas untuk mewujudkan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di daerah, juga mempunyai tugas dan fungsi sebagai penegak peraturan daerah," ungkap dia.

Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Tanggal 15 Januari 2016 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja yang meliputi Fungsi Utama dan Fungsi Dasar, maka peran Satpol PP dan Linmas adalah melakukan Tindakan Non Yustisi dan Yustisi, Melakukan Analis Aspek Sangsi dalam Peraturan Daerah, Melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, melakukan Pendataan dan Pelatihan Satuan Linmas dan melakukan Mobilisasi Linmas.

Selain itu Satpol PP juga bertugas untuk melakukan Koordinasi penegakan Peraturan Daerah, mengikuti penyusunan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menjadi Saksi dalam proses penyidikan, menjadi Saksi dalam proses persidangan, melakukan Evaluasi permasalahan penegakan Peraturan Daerah, menyusun Rencana Program, melakukan Evaluasi Kegiatan, melakukan Patroli, melakukan Pengamanan, melakukan Pengawalan, melakukan Pengendalian Massa dan melakukan Deteksi Dini.

Assegaf juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para narasumber yang berkenaan hadir untuk memberikan materi pada kegiatan ini dan berharap kepada peserta agar dapat menyerap apa yang disampaikan oleh narasumber secara baik, agar dapat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas-tugas kedepannya. (Anna Aurmatin)

Tuasikal Abua Terima Penyerahan LHP atas LKPD Maluku Tengah

Posted: 16 Jul 2018 01:48 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua,SH pada Jumat (13/7). menerima Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku tahun Anggaran 2017 di Kantor BPK RI Provinsi Maluku di Ambon..

Pemkab Maluku Tengah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku. (HumasMalteng)

Richard Louhenapessy Canangkan HUT Kota Ambon ke 443

Posted: 16 Jul 2018 01:30 PM PDT

Richard Louhenapessy Canangkan HUT Kota Ambon ke 443
AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku pada Senin,(16/7) menggelar Apel bersama sekaligus Pencanangan HUT Kota Ambon ke-443, yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, dipimpin langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Ketua Panitia HUT Kota Ambon ke-443, Demy Paays dalam laporannya menyampaikan, beragam kegiatan akan dilakukan dalam menyambut HUT Kota Ambon tersebut, yang dimulai sejak Juli ini sampai pada puncak HUT Kota Ambon yang jatuh pada tanggal 7 September mendatang.

Kegiatan-kegiatan yang nantinya digelar, selain melibatkan para pegawai Pemkot Ambon, juga melibatkan siswa-siswi,TNI-POLRI, serta masyarakat, dan pada puncaknya akan digelar acara Makan Patita yang tersebar di semua Kecamatan dengan maksud,agar semua masyarakat juga dapat merayakan hari lahimya Kota Ambon.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama,Walikota Ambon dalam sambutannya meminta seluruh jajarannya dan juga masyarakat pada umumnya,untuk tidak memandang HUT Kota Ambon hanya sebagai hal rutin yang tiap tahun dirayakan, melainkan lebih melihat kepada Anugerah dari Tuhan kepada Kota ini yang segera memasuki usia ke-443, sehingga perayaan yang dilakukan lewat berbagai kegiatan adalah merupakan bentuk rasa syukur kita (red: Kota Ambon) atas Berkat yang Tuhan berikan.

Pencanangan HUT Kota Ambon juga diselingi dengan pemberian bantuan dari PT.PLN Wilayah Maluku dan Kota Ambon kepada Pemerintah Kota Ambon berupa 300 anakan Pohon Cemara Kencana,yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup & Persampahan, Luzia Izaak dan diterima oleh Walikota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Korem Binaiya Raih Penghargaan Penggiat Anti Narkoba 2018

Posted: 16 Jul 2018 01:30 PM PDT

Korem Binaiya Raih Penghargaan Penggiat Anti Narkoba 2018AMBON, LELEMUKU.COM - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya dibawah pimpinan Komandan Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya Kolonel Inf Christian K. Tehuteru terus menunjukkan eksistensinya dalam melaksanakan tugas. 

Hal tersebut ditandai dengan keberhasilan Korem 151/Binaiya sebagai Satuan yang  meraih penghargaan sebagai Penggiat Anti Narkoba Tahun 2018 dalam Acara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 yang dilaksanakan pada, Kamis (12/07) bertempat di Baileo Siwalima, Kelurahan Karang Panjang, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Turut hadir acara tersebut Gubernur Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Wakapolda Maluku, Kajati Maluku, Ka BNN Prov Maluku Danlantamal, Danlanud, Kasiter Korem 151/Binaiya, Para pejabat TNI Polri di Kota Ambon dan seluruh tamu undangan lainnya.

Hal ini dinilai sebagai prestasi Korem 151/Binaiya sebagai Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) yang memiliki tugas mengendalikan dan melaksanakan tugas Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. 

Salah satunya adalah dalam mengawasi pelaksanaan aplikasi Pembinaan Teritorial (Binter) bagi Satuan Komando Teritorial dibawahnya, dalam disposisi Satuan Korem 151/Binaiya memiliki 5 Satuan Kodim dibawahnya. (Penrem151)

KJRI Sydney Dukung Promosi Pemkot Ambon di Australia

Posted: 16 Jul 2018 01:07 PM PDT

KJRI Sydney Dukung Promosi Pemkot Ambon di Australia
SYDNEY, LELEMUKU.COM - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney mendukung misi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah kalangan di Australia. Hal itu diungkapkan Konsul Bidang Protokol dan Konsuler Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney, Novan Ivanhoe saat menerima kunjungan Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler di kantor KJRI di Sydney, Australia, Senin (16/7).

Saat pertemuan tersebut, Novan Ivanhoe didampingi Konsul Bidang Ekonomi; Silvia Juliana Malau, Konsul Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya; Zani Murnia serta Direktur Indonesia Investment Promition Centre (IIPC) Sydney; Sri Moertiningroem dan Deputi Direktur IIPC; Sydney Ruly Fitrah.

Sementara Wakil Walikota Ambon, didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah; Jacky Talahatu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa; Rulien Purmiasa, Kepala Dinas Tenaga Kerja; GIS Soplanit, Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol; Yan Suitella, dan staf Bappeda Titi Oratmangun.

Kunjungan Wawali merupakan langkah lanjut dari pelaksanaan penandatanganan kesepakatan awal atau Letter of Intent (LoI) kerjasama di bidang vokasi antara Pemkot Ambon dengan Vocational Education, Training, and Employment Australia (VETEA) di Adelaide, Australia, akhir November 2017 lalu. Saat itu, LoI ditandatangani oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dengan CEO VETEA, Ahmed Sokarno.

Melalui LoI tersebut yang didorong oleh BKPM/Indonesia Investment Promotion Center (IIPC)-Sydney ini, VETEA – sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan vokasi dan penempatan tenaga kerja, siap membawa standar pendidikan vokasi Australia ke Indonesia dalam kolaborasi dengan pusat-pusat pendidikan vokasi di Indonesia.

Konsul di Sydney, Novan Ivanhoe mengatakan, pusat pendidikan perawat di Sydney selama ini sudah terkenal memiliki sertifikasi pendidikan yang terbaik di Australia. Sehingga KJRI sangat mendukung dan akan terus memfasilitasi Pemkot Ambon menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan di Australia khususnya di wilayah KJRI Sydney.

Diakuinya, program pelatihan yang akan menjadi bagian dari kerjasama tersebut akan mendatangkan banyak hasil dan manfaat. termasuk adanya jaminan tenaga kerja yg dilatih akan ditempatkan untuk memenuhi lapangan kerja di Australia, khususnya sektor-sektor yang selama ini mengalami kekurangan tenaga kerja.

Sementara itu, Wawali mengatakan kedatangan delegasi yang dipimpinnya ke Sydney untuk menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan awal kerjasama di bidang vokasi antara Pemerintah Kota Ambon dengan VETEA di Adelaide.

Wawali mengakui, Kunjungan ini untuk membahas langkah-langkah persiapan pelaksanaan kerjasama tersebut. Nantinya ada pelatihan di Ambon kemudian, tenaga kerja hasil pelatihan tersebut akan dikontrak selama 2 tahun di Australia.

Oleh karena itu, Wawali mengharapkan KJRI di Sydney untuk turut mendukung Pemkot Ambon dalam kerjasama dimaksud.

Di tempat yang sama, Direktur IIPC Sydney, Sri Moertiningroem mengatakan nantinya pendidikan awal para tenaga kerja khususnya di bidang Asisten Nurse dan Hospitality di Ambon selama enam bulan.

Ditambahkan, apabila nantinya kemampuan berbahasa Inggris para tenaga kerja masih dibawah ketentuan pasar kerja di Australia maka akan diberikan pelatihan selama tiga bulan lagi. Penempatan para tenaga kerja tersebut nantinya menjadi tanggung jawab VETEA. (DiskominfoAmbon)

Satgas TMMD Ke 102 Selesaikan Aula Masjis Nurul Huda

Posted: 16 Jul 2018 12:30 PM PDT

Satgas TMMD Ke 102 Selesaikan Aula Masjis Nurul HudaMOSSO, LELEMUKU.COM - Satuan tugas TMMD ke 1502/Masohi regu 1 SST 3 mengerjakan gedung atau aula di halaman Masjid Nurul Huda Desa Mosso Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku sudah nampak terlihat, Saptu (14/7).

Pekerjaan gedung atau aula di halaman Masjid Nurul Huda berukuran 9x13. Gedung dan aula Masjid Nurul Huda akan digunakan untuk pengajian, TPQ orang dewasa serta jika ada hari-hari besar agama untuk halal bihalan maulid nabi, isro mikrot dan lain-lain masyarakat Desa Mosso terkumpul di gedung atau aula tersebut.

Imam Masjid Nurul Huda sekaligus Guru TPQ Majalil Tehuayo mengatakan bahwa masyarakat maupun pengurus masjid sangat bangga sekali dengan Satgas TMMD  karena dapat tingkatkan disiplin masyarakat.

"Kami menginginkan sekali setiap adanya TMMD bisa masuk ke Desa Mosso karena jika adanya Satgas TMMD masyarakat yang kurang disiplin menjadi disiplin dalam bergotong royong menyelesaikan pembangunan gedung atau aula ini bahkan pekerjaan yang akan lama terselesaikan menjadi cepat selesai,"tandas Tehuayo. (Pendam16)

Kebersamaan Lintas Agama dalam TMMD di Hatumete

Posted: 16 Jul 2018 12:00 PM PDT

Kebersamaan Lintas Agama dalam TMMD di HatumeteHATUMETE, LELEMUKU.COM - Satuan Petugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 SST 2 pada hari ke 2  ini dipimpin oleh Komandan SST 2 Lettu Inf Dul Hadji Pelu mengerjakan pembuatan rehap Mushola Nurul Huda dan Gereja Betheden di Desa Hatumete, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi maluku pada Kamis (12/7).

Di Desa Hatumete merupakan Desa yang memiliki 3 perbedaan agama diantaranya agama Islam, Kristen dan penganut Animisme. Dengan adanya perberdaan agama tersebut mereka semua saling menghargai, saling menghormati, selalu bersama dan saling bahu membantu. Terbukti nampak jelas saat adanya Satgas TMMD ke 102 di Desa Hatumete ini. 

Satgas TMMD bersama masyarakat semua saling bahu membantu dalam mengerjakan rehap Mushola Nurul Huda dan Gereja Betheden yang merupakan sasaran utama Satgas TMMD ke 102. 

Dari perbedaan agama tersebut tidak menjadi kendala, mereka bersama-sana saling gotong royong mengerjakan rehap pembangunan Mushola dan Gereja di Desa Hatumete.

Salah satu warga Kristen yang berpartisipasi dalam rehab mushola,  Andi Waralayo mengatakan bahwa memang sudah menjadi kebiasaan untuk bersama-sama bekerja tanpa memandang perbedaan.

"Ini jadi kami disini untuk saling bantu membantu tanpa menjadikan masalah perbedaan agama. Walaupun kita beda agama, tetap kami satu kesatuan,"ucap Andi.

Sunaryo Lewenusyang ikut serta mengerjakan rehab mushola mengatakan bahwa kami disini baik pendatang maupun asli, baik berbeda agama kami tetap menjaga keharmonisan dan kerukunan. 

"Kami selalu kompak dan selalu bersama dalam kebaikan membangun negeri,"ujar Sunaryo.

Disamping meningkatkan pembangunan Daerah, salah satu tujuan Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi diantaranya terciptanya kerukuran antar umat beragama, menumbuhkan jiwa kebersamaan dan terciptanya situasi aman.(Penrem151)

GPM Klasis Tanimbar Utara Apresisasi Dukungan Pemda MTB

Posted: 16 Jul 2018 11:39 AM PDT

GPM Klasis Tanimbar Utara Apresisasi Dukungan Pemda MTBWATURU, LELEMUKU.COM -Majelis Pekerja Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Tanimbar Utara (Tanut) berterima kasih kepada Pemerintah Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku yang telah membantu pembangunan gedung pastori Jemaat GPM Waturu.

"Terima Kasih kepada Pemda Kabupaten Maluku Tenggara Barat serta pribadi Bapak Bupati Petrus Fatlolon atas bantuan finansialnya yang sangat membantu pelaksanaan pembangunan gedung ini," ujar sekretaris Klasis Tanut, Pdt. Dodi Kesaulya, S.Si pada peresmian Gedung Pastori GPM Waturu pada Rabu (11/7) pukul 13.10.WIT

Ia mengatakan bangunan Pastori Jemaat GPM Waturu ini merupakan kediaman para Hamba Tuhan dan tempat pergumulan para Pelayan dan Umat.

"Gedung ini merupakan sentra pelayanan Jemaat GPM Waturu dan jadikanlah sebagai tempat pergumulan Jemaat GPM Waturu," ujar dia.

Dikatakan pembangunan gedung yang  bersumber dari pengolahan dana dari Hasil Laut, Bantuan Sosial melalui Pemda Kab.MTB, Bantuan Sosial Pemerintah Provinsi Maluku, Bantuan Pemdes Waturu melalui dana ADD,  donatur dan anggota jemaat melalui Unit Pelayanan ini memakan waktu yang panjang dan dapat sukses berkat kerjasama semua pihak.

"Pekerjaan ini sangat memerlukan tenaga, waktu dan biaya, tapi bisa diselesaikan dengan baik karena berkat campur tangan Tuhan," ujar Pendeta.

Ia merincikan waktu pelaksanaan pekerjaan terhitung dari Peletakan Batu Pertama, tanggal 26 April 2015 dan Pendirian Tiang Pertama, tanggal 11 April 2016 sampai selesainya tanggal 30 Mei 2018 dengan waktu efektif pelaksanaan pekerjaan 128 hari kerja, dalam jangka waktu 3 tahun, 1 bulan, 4 hari.

"Memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan YME, karena atas berkat-Nya kita bisa meresmikan gedung Pastori Jemaat GPM Waturu pada saat ini. Ada banyak hal yang dijumpai dalam pembangunan gedung ini, maka saya ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Desa Waturu atas sumbangan tenaganya, " ucap Kesaulya. (Albert Batlayeri)

Ramly Umasugi Lantik Dua Kepala Dinas di Kabupaten Buru

Posted: 16 Jul 2018 11:19 AM PDT

Ramly Umasugi Lantik Dua Kepala Dinas di Kabupaten BuruNAMLEA, LELEMUKU.COM - Bupati Buru, Provinsi Maluku Ramly Umasugi  melantik dan mengambil Sumpah Jabatan dua Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru pada Sabtu (14/7). 

Acara yang di awali dengan lagu Indonesia Raya dan pembacaan surat keputasan Bupati Buru dilanjukan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini di hadiri oleh  Bupati Buru, Para Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati dan seluruh Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buru, Ketua dan seluruh panitia seleksi pimpinan tinggi pratama Kabupaten Buru.

Umasugi menyampaikan proses pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru saja di lakukan, merupakan tindak lanjut dari upaya regenerasi dan progres untuk mengisi upaya pembangunan di kabupaten Buru. 

"Pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama kami telah upayakan untuk diselenggarakan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas jabatan lain sesuai dengan ketentuanperaturan perundang- undangan yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antar kabupaten kota dalam satu provinsi," ujar doa.

Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru di isi yaitu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga di isi oleh Norman Hamzah dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah oleh Mansur Mamulaty.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Buru  mengingatkan kembali kepada pejabat pimpinan tinggi pratama yang baru, untuk menjaga dan memelihara kehormatan yang telah di peroleh, agar kelak dapat menjadi contoh dan tauladan bagi pegawai negeri sipil lainya. 

"Hendaknya momentum pelantikan ini menjadi langkah awal  memeulai pelaksanaan tugas dan memberikan segalanya yang terbaik kepada pemerintah daerah, guna mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya, baik yang bersifat pelayanan dan pengaturan maupun pemberdayaan dan pembaharuan," ujar Umasugi. (DiskominfoBuru)

Polres Seram Bagian Barat Peringati HUT Bhayangkara ke 72

Posted: 16 Jul 2018 11:18 AM PDT

Polres Seram Bagian Barat Peringati HUT Bhayangkara ke 72
PIRU, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 tetapi pelaksanaan pada Rabu, 11 Juli 2018, maka seluruh jajaran Polres Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku menggelar Upacara Bendera dihalaman Mapolres Seram Bagian Barat.

Peringatan HUT Bhayangakara tersebut mengusung tema " Dengan semangat Promoter, Polri siap mengamankan agenda kamtibmas tahun 2018-2019″  dihadiri oleh Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina,SE,M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Saban Patty, Ketua DPRD Kabupaten SBB Drs. Julius H Rutasouw, Kapolres SBB AKBP. Agus Setiawan.SIK, Wakapolres Kompol Backri Hehanussa, Dangki Brimob IPTU Supriadi, Dandramil 1502/07 Piru Kapten A Laturake, Dangki Yonif Raider 515/uty Kapten Purwanto, Perwakilan Kejari Piru, Pimpinan Tokoh Partai Politik, Tokoh OKP, Ormas, Tokoh Masyarakat, dan organisasi wartawan serta jajaran kepolisian resert Polres SBB dengan tamu undangan kurang lebih 150 orang.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIT tersebut bertindak selaku inspektur upacara, Kapolres Seram Bagian Barat, AKBP Agus Setiawan.SIK, dan selaku komandan upacara oleh Iptu Zeth Dolfinus Riry.

Dalam sambutannya, Kapolres SBB membacakan  pesan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bahwa hari ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) genap berusia 72 Tahun maka diharapkan polisi tetap menjadi Bhayangkara bagi negara Indonesia, demi tegaknya NKRI yang sejahtera, mandiri, dan berkadilan. Meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.

"Mengingat kasus-kasus terorisme yang masih tetap membayangi bangsa ini, diharapkan  Polisi harus tetap meningkatkan keamanan dan kewaspadaan agar tidak lengah dengan indikasi kejahatan yang ada, karena lebih baik mencegah," kata dia.

Dalam pesan  Kapolri juga meminta  kepada seluruh anggota Polri menjadikan perayaan kemerdekaan Indonesia, sebagai ajang renungan kebangsaan, bukan hanya tentang pengorbanan pahlawan dalam merebut kemerdekaan. 

"Sebagai generasi bangsa, selayaknya kita mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan dengan terus berjuang tanpa pamrih dan penuh dedikasi kepada bangsa dan negara," kata Kapolri. 

Sebagai bagian dari elemen negara, Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat, ditengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat polri bisa memberikan kontribusi positif dalam mendukung laju pembangunan Nasional.

Peran aktif polri dapat ditunjukkan melalui pelaksanaan tugas, peran dan fungsinya sebagai institusi yang bertanggung jawab di bidang keamanan dalam negeri. Berbagai penanganan kejadian gangguan Kamtibmas dan kejahatan dapat berimplikasi terhadap keberhasilan Pembangunan di Indonesia.

Kapolri juga menekankan untuk menjaga soliditas internal, tingkatkan kemampuan dan profesionalisme polri, guna merebut kepercayaan publik; lalu menanamkan dan meningkatkan nilai juang yang dimiliki pahlawan. Seluruh anggota Polri harus menjadi sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat, untuk menghindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat, serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Polri juga harus meningkatkan kerja sama dan membangun sinergi dengan seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga negeri dan swasta, TNI, Aparat penegak hukum lain, maupun dengan seluruh komponen masyarakat dimana pun berada," jelasnya. (DiskominfoSBB)

Luhut Panjaitan Nilai Potensi Kepulauan Maluku Sangat Kaya

Posted: 16 Jul 2018 11:00 AM PDT

Luhut Panjaitan Nilai Potensi Kepulauan Maluku Sangat Kaya
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Mentri Koordinasi (Menko) Maritim RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut B. Panjaitan menyampaikan bahwa, terkait Potensi Kepulauan Maluku, baik Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara sangat kaya perlu adanya  eksplorasi secara efektif dan optimal. Kedepannya Maluku harus bisa ekspor langsung hasil perikanannya ke Luar Negeri.

"Untuk itu perlu Birokrasi dan aturan perlu disusun untuk regulasi ekspor langsung. Menurut Beliau, Perekonomian Indonesia masih tumbuh baik ditengah volatilitas ekonomi global, Pemda harus berinovasi secara dinamis dalam menarik investor dan wisatawan asing agar dapat menghasilkan money income (Devisa )bagi pendapatan daerah," ujar dia saat menjadi keynote speaker dalam Sarasehan Nasional Merawat Perdamaian yang bertajuk "Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku Utara untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur" di Ballroom Hotel JS Luwansa, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (12/7)

Ia berpesan Perdamaian di Maluku dan Maluku Utara agar menjadi Pembelajaran bagi pemimpin-Pemimpin dan Rakyat bukan hanya di Jakarta tetapi diseluruh daerah sehingga kedepannya Indonesia bisa lebih kompak dalam menjaga kedamaian serta  membangun NKRI yang sangat kita cintai. 

"Kedepannya, Pemerintah Pusat RI akan membuat Program Pemerintah Pusat RI khususnya bagi wilayah Maluku dann Maluku Utara khusus bagi wilayah Maluku dan Maluku Utara, yaitu daerah Morotai yang akan disiapkan sebagai destinasi pariwisata di Maluku," ujar dia. 

Menko merencikan beberapa program diantaranya pembuatan keramba raksasa untuk budi daya ikan laut di Teluk-teluk di wilayah Maluku dan Maluku Utara, perluasan Landasan lapangan terbang di wilayah Bacan sehingga memudahkan akses transportasi udara yang menunjang pertumbuhan ekonomi, dan Program Maluku melaksanakan ekspor langsung, tanpa harus melalui Surabaya atau Jakarta.(Pendam16)

Satgas TMMD Rehab Rumah Warga dan Kantor Desa Telutih Baru

Posted: 16 Jul 2018 10:33 AM PDT

Satgas TMMD Rehab Rumah Warga dan Kantor Desa Telutih BaruTELUTIH BARU, LELEMUKU.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  Ke 102 yang sudah masuk hari kerja ke tiga oleh Kodim 1502/Masohi, Pada Jumat (13/7) sudah mulai mengerjakan rehab rumah tidak layak huni (RTLH)  dan melanjutkan pembangunan kantor Negeri Teluti Baru Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku Tengah.

Dua unit RTLH di Desa Teluti baru direhab dan saat ini dimulai  dengan kerjasama dan gotong royong antara anggota Satgas TMMD dengan Masyarakat.

Informasi yang diperoleh dari Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi,  target penyelesaian pengerjaan rehab RTLH dan Kantor Desa Telutih baru selesai dalam 29 hari. 

 Dibantu warga setempat pengerjaan oleh Satgas TMMD, Saat ini dimulai dengan menggantikan kayu dan atap rumah milik Wailissa.
 Wailissa dalam keterangannya mengatakan, ia dan keluarganya merasah terbantukan dengan adanya rehab rumah Oleh TNI. 

 "saya dari dulu tidak meragukan kehadiran TNI bersama rakyat. Mereka tidak hanya melindungi kita. Tapi jiwa saling membantu masyarakat luar biasa," ujar Wailissa. 

 Ia secara pribadi hanya berdoa agar TNI selalu kuat dan maju. 

 Saat yang sama Penjabat Telutih Baru Syaifudin Silawane mengemukakan, untuk mengimbangi dengan pembangunan yang dilakukan oleh TNI jajaran Kodim 1502/Masohi, pihaknya akan terus mengerahkan warga secara maksimal setiap hari untuk mensukseskan pekerjaan tersebut

"Kami sudah menjadwalkan untuk ikut bergotong royong bersama-sama bapak-bapak TNI dalam TMMD  sampai dengan selesainya program ini," terangnya. (Pendam16)

Kepedulian Satgas TMMD ke 102 Kodim Masohi di Telutih Baru

Posted: 16 Jul 2018 10:22 AM PDT

Kepedulian Satgas TMMD ke 102 Kodim Masohi di Telutih Baru
TELUTIH BARU, LELEMUKU.COM - Satuan Petugas (Satgas) TNI Manungga Membangun Desa (TMMD) ke 102 Kodim 1502/Masohi mengikuti pemakaman almarhum Fadlan Kelihu masyarakat Desa Telutih Baru Kecamatan Tehoru Kabupaten Malulu Tengah, Jumat (13/7).

Pekerjaan hari ketiga Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi di Desa Telutih Baru sempat berhenti sejanak karena adanya duka salah satu warga Desa Telutih baru meninggal dunia. 

Seluruh personil Satgas TMMD langsung menuju rumah duka untuk membantu proses pemakaman salah satu warga Desa Telutih baru.

Keluarga duka Khairudin Banyal mengatakan terima kasih banyak atas kepedulian terhadap kami baik bantuan tenaga maupun doa terhadap almarhum. 

"Kami semua sangat terharu dan kagum dengan keberadaan serta kepedulian terhadap kami warga Telutih baru terutama kami keluarga yang berduka, "tandas Kahirudin.

Wujud kepedulian Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi sangat terlihat jelas bahwa selain mengerjakan pekerjaan di sasaran TMMD, personil Satgas TMMD juga peduli dan mencoba menjadi bagian dari masyarakat Desa yang menjadikan tempat sasaran TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi. (Pendam16)

TNI Melatih PBB di Madrasa Aliyah Al- Hilal Morella

Posted: 16 Jul 2018 10:00 AM PDT

TNI Melatih PBB di Madrasa Aliyah Al- Hilal Morella
MORELLA, LELEMUKU.COM - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1504-05/ Leihitu,Kodim 1504/Ambon memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk siswa Madrasa Aliyah Al- Hilal Desa Morella Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Rabu (11/7).

Kegiatan tersebut, diikuti oleh beberapa siswa-siswi Madrasa Aliyah Al-Hilal yang berjumlah 150 orang, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan agar siswa-siswi Madrasa Aliyah Al-Hilal mengerti materi PBB dan menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah.

"Pembekalan bagi siswa-siswi itu penting sekali  diantaranya Dasar dasar PBB, materi wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk mendidik dan pembinaan mental, jiwa korsa dan kebersamaan kepada pemuda, sehingga mempunyai loyalitas yang tinggi, disiplin tinggi dan tertanam juga jiwa patriotisme serta cinta terhadap Bangsa dan tanah air," ungkap Serda Ujailan Latukau. (Penrem151)

Warga Hatumete Jemput Satgas TMMD dari Kodim Masohi

Posted: 16 Jul 2018 09:30 AM PDT

Warga Hatumete Jemput Satgas TMMD dari Kodim MasohiHATUMETE, LELEMUKU.COM - Penjemputan Komandan Satuan Setingkat Pleton Satgas TMMD ke- 102 Kodim 1502/Masohi Lettu Inf Dul Hadji Pelu sangat meriah oleh masyarakat Desa Hatumete, Kecamatan Hatumete, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Selasa (10/7).

Penjemputan berlangsung di pimpin oleh Raja Hatumete Bapak Bernard Lilihata beserta seluruh Saniri Negeri Hatumete dengan seluruh masyarakat Desa Hatumete  dengan menggunakan tarian adat cakalele oleh anak-anak Desa Hatumete dan pengalungan kain berang.

Kapten Inf Bambang Setiono sebagai Komandan SSK Satgas TMMD ke-102 Kodim 1502/Masohi mengatakan bahwa kita semua sangat terkejut dengan adanya acara penjemputan seperti ini.
"Maka kita harus memberikan yang terbaik dan bekerja secara maksimal demi untuk masyarakat seluruhnya terkhusus untuk masyarakat Desa Hatumete," jelas Kapten Inf Bambang.

"kami sudah lama menginginkan adanya TMMD masuk di Desa kami sejak pada Tahun 1984 pernah dilaksanakan AMD dan terbukti sangat membantu dan masih berkesan dan bermanfaat bagi masyarakat semuamya," ujar Bapak Bernard Lilihata.

"Saya yakin dengan adanya Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi ini, dapat membantu masyarakat semua serta menumbuhkan jiwa gotong-royong yang selama ini terkikis hilang," jelasnya.

Sasaran pekerjaan yang akan dikerjaan Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi yang berada di Desa Hatumete diantaranya pasang paflon masjid, pasang keramik masjid, pembuatan tiang toreng gereja target 50 persen dan sasaran tambahan membangun 13 rumah. (Pendam151)

Mahasiswa UGM dan Anggota Kodim Tual Gelar Bersih Pantai di Sathean

Posted: 16 Jul 2018 09:15 AM PDT

Mahasiswa UGM dan Anggota Kodim Tual Gelar Bersih Pantai di Sathean
TUAL, LELEMUKU.COM - Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama  anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual menggelar kegiatan pembersihan lingkungan pantai di Desa Sathean, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku pada Minggu (8/7).

Kehadiran Mahasiswa KKN di Desa Sathean, sangat direspon baik oleh tokoh masyarakat dan tokoh adat, sehingga tentunya Mahasiswa sangat mengharapkan peran serta masyarakat dapat terealisasi dengan baik, tak hanya mahasiswa yang berpartisipasi tetapi juga dari masyarakat setempat.

Kegiatan KKN di wilayah Sathean ini merupakan perwujudan dari hasil kesepakatan pada pertemuan  anggota Kodim 1503/Tual dan Mahasiswa guna menjadikan Desa Sathean sebagai tempat KKN dan sekaligus untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatnya langsung dilapangan. (Penrem151)

Koramil Piru Latih Siswa SMAN 4 Seram Barat PBB

Posted: 16 Jul 2018 09:00 AM PDT

Koramil Piru Latih Siswa SMAN 4 Seram Barat PBBPIRU, LELEMUKU.COM - Guna melatih siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4  Seram Barat yang sedang melaksanakan masa orientasi siswa (MOS), Babinsa Koramil 1502-07/Piru, Sertu S. Eli bersama Serda S. Munir memberikan materi Peraturan Baris -berbaris (PBB)di Lapangan Upacara SMAN 4 Seram Barat, Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku pada Rabu (11/7).

Latihan yang diberikan, yakni berupa sikap sempurna, sikap istirahat, penghormatan, hadap kanan hadap kiri dan jalan ditempat serta jalan secara kelompok merupakan pelatihan dasar yang diberikan.

"Pemberian pelatihan baris-berbaris tersebut diharapkan siswa- siswi memiliki sikap yang tangkas dan disiplin yang baik sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dan contoh yang baik bagi adik-adik kelasnya,"pungkas Sertu S. Eli. 

Dalam kegiatan ini para siswa merasa sangat senang dan bangga atas kesediaan Babinsa dalam memberikan pelatihan baris berbaris kepada para siswa-siswi  SMA Negeri 4 Seram Barat. (Penrem151)

Kodim Masohi Gelar TMMD ke 102 di Tehoru

Posted: 16 Jul 2018 09:00 AM PDT

Kodim Masohi Gelar TMMD ke 102 di Tehoru
TEHORU, LELEMUKU.COM - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 yang di selenggarakan di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi, dengan tema Manunggal Membangun Karakter Generasi Mineral resmi di buka bertempat di Lapangan Bola Desa Yaputi, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Selasa (10/7).

Dalam upacara tersebut selaku Inspektur Upacara (Irup) Asisten satu Kabupaten Malteng, Drs. W.Istia M.Ap, dan Komandan Upacara (Danup) Komandan SSK Satgas TMMD 102, Kapten Inf Bambang, Dalam amanatnya Irup menyampaikan, bahwa program TMMD ini adalah untuk mengedepankan nilai-nilai keakraban dan kebersamaan yang bertujuan mendorong serta meningkatkan pembangunan dan ekonomi khususnya yang ada didesa.

"Kehadiran Satgas TMMD Ke 102 merupakan sumbangsih dan amat berharga untuk menyuburkan dan membuktikan bahwa TNI,Polisi saat ini dan masa yang akan datang selalu menjadi prajurit yang hidup bersama rakyat dan merespon denyut nadi rakyat guna kemajuan, kesejahteraan masyarakat dan memberantas narkoba dalam bulatan Bhineka Tunggal Ika,"jelas Drs. W.Istia M.Ap.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Hari Sandhi Chrishandoko S.Sos, Kapolres Malteng, AKBP R. Arthur.L.Simamora S.Ik, Wadanyon 731/Kabaresi, Kapten Inf Numanjahasan, Para SKPD Kab. Malteng dan Undangan 100 orang. (Penrem151)

Apel Kesiapan TMMD ke -102 di Sounolu

Posted: 16 Jul 2018 08:36 AM PDT

Apel Kesiapan TMMD ke -102 di SounoluSOUNOLU, LELEMUKU.COM - Guna mensukseskan terselenggaranya TMMD ke -102, Danru 2 Pleton 1 Satgas TMMD , Serma Yosep Nari memimpin langsung apel  kesiapandan pengecekkan TMMD, bertempat di lapangan bola Desa Sounolu, Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada Rabu (11/7)

Dengan berkekuatan satu Satuan Setingkat Pleton (SST) yang terdiri dari TNI, Polri, FKPPI dan masyarakat Desa Sounol. Turut hadir Pejabat Sounolu Bapak Ais Ifak Salsisli berserta seluruh perangkat Desa Sounolu.

Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan, pembagian tugas dan pembagian kelompok untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi sasaran fisik dan non fisik TMMD ke-102 Kodim 1502/Masohi di Desa Sounolu.

"Setiap hari akan dilaksanakan apel pengecekan di setiap kelompok sasaran masing-masing", ujar Yosep Nari.

Pejabat Desa Sounolu Bapak Ais Ifak Salsisli mengatakan bahwa kedatangan Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sounolu ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Bukan hanya membantu masyarakat dalam pembangunan pembuatan talud sepanjang 100 meter dan pembuatan saputeng komunal di enam titik di desa Sounol, Satgas TMMD ke-102 juga mempererat semangat gotong royong dan kebersamaan serta kekompakkan antara TNI-Polri dengan masyarakat.

"Kami berharap kebersamaan dan kekompakkan masyarakat dengan TNI ini tidak hanya sekarang, tetapi juga setelah selesainya Satgas TMMD ke -102, bersama rakyat TNI-Polri kuat" ujar Ais Ifak Salsisli. (Penrem151)

SMPN 1 Tanimbar Selatan Rayakan HUT ke 26

Posted: 16 Jul 2018 08:11 AM PDT

SMPN 1 Tanimbar Selatan Rayakan HUT ke 26
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Para dewan guru dan seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara (MTB), Provinsi Maluku merayakan Hari Ulang Tahunnya  (HUT) yang ke 26 tahun, yang dirangkai dengan pelepasan tiga guru purna bhakti, pada Sabtu (14/7).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Tansel, Yustina Bwuardalam S.Pd mengajak seluruh dewan guru dan para siswa untuk mensyukuri berkat Tuhan yang melimpah dalam suka dan duka, secara khusus pada tahun ajaran 2017/2018 ini.

"Atas berkat Tuhan kita melaksanakan syukur ulang tahun sekolah dan melepaskan guru-guru yang memasuki masa purna bakti. Selama tahun ajaran kemarin, yang baru saja kita lewati tentu banyak suka dan duka yang kita lalui," ajak dia.

Yustina mengatakan di tahun 2018 ini ada berbagai prestasi yang dicapai oleh para siswa-siswi sekolah tersebut, diantaranya  memenangkan lomba olimpiade dari tiga mata pelajaran di tingkat kabupaten dan mewakili MTB untuk mengikuti lomba olimpiade tingkat Provinsi. 

Setelah itu, memenangkan berbagai lomba yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 dan empat mata pelajaran nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi se Kepulauan Tanimbar dicapai oleh siswa bernama Imanuel Tuwen. Serta pada tahun 2017 lalu para guru dan perwakilan siswa juga melakukan study banding demi kemajuan pendidikan.

"Selain berkat prestasi yang kita sudah capai, pada tahun kemarin pun ada berbagai cobaan juga yang kita terima, yaitu pada UN hari  kedua dipanggil pulangnya Ananda Almaruma Warwa dan baru kemarin menjelang HUT ini dipanggil pulang Hedrika Rahakbau, siswa kelas 9. Maka di harapkan kita mendoakan semoga arwa mereka bisa mendapatkan tempat yang layak di surga," kata dia.

Kepsek Yustina pun mengucapkan terima kasih atas pengabdian dari para guru yang sudah memasuki masa pensiun dimana selama perjalanan mereka sebagai pendidik banyak suka dan duka tetapi mereka tetap eksis untuk memberikan yang terbaik bagi SMPN 1 Tansel.

"Tentu selama perjalanan perjuangan mereka sebagai pendidik banyak suka dan duka yang mereka lalui, tetapi mereka tetap eksis semangat untuk terus maju mengarahkan sekolah ini kearah yang lebih baik walaupun dibarengi dengan segala kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki," ucap dia.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun, pemberian cendra mata kepada ke tiga guru purna bhakti serta pesan dan kesan. 

Acara ini sangat meriah dihibur oleh penampilan dari para siswa-siswi, diantaranya dengan menyuguhkan tarian tradisional, puisi, nyanyian, drama singkat dan tarian kontemporen.

Turut hadir Kepsek SMPN1 Tansel, tiga guru purna bhakti, Ketua Komite SMPN1, seluruh dewan guru, Tata laksana dan para siswa-siswi SMPN 1 Tansel. (Anna Aurmatin)

Pembukaan Sarasehan Nasional Merawat Perdamaian

Posted: 16 Jul 2018 08:00 AM PDT

Pembukaan  Sarasehan Nasional Merawat Perdamaian
JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sarasehan Nasional Merawat Perdamaian : "Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku Utara untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur" resmi dihelat  sejak selasa (10/7) sampai Rabu (11/7) di Ballroom Hotel JS Luwansa, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan,  yang di gagas oleh Sekjen Wantannas RI Letjen TNI Doni Monardo.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Menkopolhukam RI, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, SH. Menkopolhukam RI mengatakan, mewujudkan cita-cita nasional adalah dengan bersatu dan berdaulat, bukan dengan peperangan atau konflik. Ia juga menceritakan pengalaman sewaktu bertugas sebagai Panglima ABRI saat mengatasi konflik Maluku, dimana Maluku merupakan suatu contoh daerah yang sangat heterogen dan memiliki historis perjuangan tersendiri. Semangat kerja sama dan gotong royong antara umat Islam dan Nasrani di Maluku dan Maluku Utara dalam merajut perdamaian perlu dicontoh oleh daerah lain.

Dalam Kesempatan yang sama, Sekjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa tujuan kegiatan Sarasehan Nasional bukanlah untuk membuka luka lama, namun sebagai pelajaran (lesson learned) bagi semua pihak terlebih lagi bagi bangsa lain dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, mengembalikan kejayaan rempah-rempah Nusantara, mengoptimalkan hasil perikanan laut (baik perikanan tangkap maupun budidaya), meningkatkan potensi pariwisata dan keindahan alam serta mengundang masuknya investor dalam rangka meningkatkan perekonomian.

Kegiatan Sarasehan Nasional Merawat Perdamaian digelar dalam bentuk diskusi terbuka dengan beberapa panel atau sesi. Sesi pertama "Indonesia Tanah Air Beta" : Belajar dari Sejarah dan Kearifan Lokal Masyarakat Maluku dan Maluku Utara sbg Wujud Implementasi Bela Negara Keynote Speech Dr. (HC) Drs. H. M. Jusuf Kalla (Wapres RI), Penggagas Perjanjian Malino II.

Dalam Keynote Speechnya, Wapres RI, Dr. (HC) Drs. H. M. Jusuf Kalla, mengemukakan, perjalanan menciptakan perdamaian sangatlah berat, namun yang lebih berat adalah merawat perdamaian. Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah dan seluruh komponen dapat memajukan perekonomian bersama dengan mengelola kekayaan alam yang ada karena sejatinya potensi dalam lingkungan strategis ditingkat lokal dan nasional merupakan salah satu potensi ancaman yang memicu timbulnya konflik.

Hal ini sejalan dengan pendapat Guru Besar UNHAN, Prof. Salim Said, Ph.D, yang mengatakan bahwa berdasarkan hasil penelitian sosiologi, antropologi dan ilmu politik bahwa, pemicu terjadinya konflik disebabkan putusnya komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Sebagai contoh,  masih banyak keinginan masyarakat dan permasalahan-permasalahan sosial yang tidak terselesaikan dengan baik/tuntas oleh Pemerintah.

Diskusi sesiI II : Resolusi Konflik dan Damai berlatar golongan dan agama dengan Keynote Speech DR. Drs. Reydonnyzar Moenek (Wakil Rektor IPDN) mewakili Mendagri RI

dan Diskusi sesi III : Resolusi Konflik dan Damai berlatar Separatisme dan Terorisme dengan Keynote Speech : Irjen Pol Drs. Muktiono, S.H., M.H. (Korsahli Kapolri) mewakili Kapolri.

Acara itu dihadiri oleh perwakilan dari daerah-daerah yang rawan konflik, Pejabat Kementerian/Lembaga TNI/Polri, Perwakilan Kedubes Negara Sahabat, Pejabat Daerah (Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota), siswa lembaga pendidikan TNI/Polri dan Sipil termasuk perwakilan BEM Perguruan Tinggi se-Indonesia,Tokoh masyarakat Maluku dan Maluku Utara yang terlibat dalam resolusi konflik dan damai. (Pendam16)

Kebakaran di Blok M Batu Merah, 4 Ruko Hangus

Posted: 16 Jul 2018 06:56 AM PDT

Kebakaran di Blok M Batu Merah, 4 Ruko Hangus
BATU MERAH, LELEMUKU.COM - Kebakaran terjadi di Blok M, Kompleks Pertokoan, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Senin (16/7) pukul 17.00.WIT.

5 unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon dan Mobil Water Canon milik Dit Sabhara Polda Maluku tiba di TKP dan langsung melakukan upaya pemadaman. Pada pukul 19.20.WIT api berhasil di padamkam dan Damkar Kota Ambon meninggalkan TKP.

Sementara itu personel dari Satgas Yon Raider K732/ Banau, Satgas BKO 515/OTY, Koramil Sirimau, Kodim Ambon dan Sabhara Polres Pulau Ambon dan PP Lease tiba di TKP untuk membantu mengamankan situasi dari warga yang menyaksikan kebakaran dan proses pemadaman. Situasi TKP dalam keadaan dan kejadian ini ditangani oleh pihak Kepolisian.

Menurut seorang saksi, Munawir (29) kebakaran itu bersumber dari Toko Dua Putri yang berada pada Blok M, No 8. Saat kejadian, pria pemilik Toko Faizah yang berada di nomor 10 itu mengaku sedang makan di lantai 3, ia kemudian didatangi penjaga tokonya nya mengatakan ada kebakaran ditoko sebelah.

Saat keluar melihat situasi, ia mendapati api telah mencapai Toko Hadi Utama pada deretan ke 9. Melihat hal tersebut ia kemudian balik ke dalam tokonya dan mengambil surat-surat penting dan keluar bersama dengan keluarganya. 

Sementara Imran (42) yang merupakan pemilik salah satu ruko  menjelaskan sekira pukul 16.50.WIT, saat ia berjualan di tokonya, tiba-tiba ia melihat kumpulan asap tebal dari atas Grosir Pakaian Toko Dua Putri milik H. Tati.

Saksi langsung meneriaki warga sekitar untuk melihat kumpulan asap tersebut dan setelah dilakukan pengecekan oleh warga setempat ternyata kumpulan asap tersebut timbul karena terjadi kebakaran yang dengan cepat membesar, sehingga warga setempat berbondong-bondong memadamkan api dengan alat seadanya sambil menghubungi Pemadam Kebakaran Kota Ambon.

Korban dari kebakaran ini, Hardiyanti (19) mengakui dirinya sedang memasak di lantai 3. Tiba-tiba ia melihat kumpulan asap tebal yang naik ke lantai tempat ia memasak. Akibat asap tersebut korban tidak dapat bernafas dengan baik serta merasakan panas yang menyengat karena api yang mulai membesar. 

Korban secara terus menerus meminta tolong, sehingga masyarakat di ruko belakang yang mengetahui keberadaan korban menghimbau agar meloncat keluar bangunan tersebut melalui jendela bagian belakang.  Warga menyelamatkan korban dengan tempat mendarat yang beralas kasur sehingga korbanpun langsung meloncat.

Mengalami luka bakar pada lengan kanan dan patah lengan kiri serta sesak nafas karena menghirup asap, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Bayangkara Tantui Ambon untuk mendapat perawatan medis.

Dari kebakaran ini 4 unit ruko  mulai dari  No 8 milik H. Tati, No 9 milik Hadi, No 10 milik Munawir dan No 11 milik Jamal , hangus terbakar beserta isinya. Diperkirakan keseluruhan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu aparat mengamankan salah seorang pemuda yang mencoba melakukan pencurian di TKP dan pemuda tersebut telah diamankan di Polres Pulau Ambon dan P.P Lease. (Albert Batlayeri)

Yasin Payapo Sambut Festival Budaya Masyarakat Seram Bagian Barat

Posted: 16 Jul 2018 05:29 AM PDT

PIRU, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku menyambut baik dengan gembira dan sukacita kegiatan pagelaran budaya Festival Budaya Masyarakat Seram Bagian Barat 2018 yang dilaksanakan di SBB oleh Balai Pelestarian Budaya Ambon.

"Saya percaya bahwa kegiatan ini dapat memberikan output juga outcome dalam menumbuh kembangkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni dan budaya untuk lebih hidup, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan manusia bermartabat dan berbudaya," ujar Bupati SBB Yasin Payapo, M.Pd dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan SBB Dra. Hanifa Hehanusa.

Ia mengatakan kegiatan ini harus dan perlu dilaksanakan agar nilai-nilai budaya positif yang diwariskan para leluhur tidak luntur bahkan kehilangan jati diri karena pengaruh budaya asing dan modernisasi.

"Namun kita juga tidak perlu untuk menutup diri pada pergaulan global dengan memback-up diri terhadap pengaruh serta potensi pengikisan budaya local yang bisa saja kita ciptakan sendiri" kata Bupati.

Katanya pula, Pemkab SBB dalam melaksanakan pembangunannya, tentu sangat mengharapkan dukungan serta peran bersama dalam membangun Kabupaten kita bersama menjadi lebih baik kedepan.

"Kami berusaha mencari dan menciptakan solusi-solusi terbaik terhadap pembangunan daerah serta pelayanan maksimal kepada masyarakat," ujar dia.

Dengan kebersamaan, kesabaran dan ketabahan kita semua berbagai program pembangunan yang dijalankan untuk mewujudkan masyarakat Seram Bagian Barat yang sejahtera serta pembinaan dan peningkatan spiritualitas umat yang menjamin tatanan masyarakat yang berketuhanan yang maha esa serta meningkatkan toleransi dan kualitas pelayanan kehidupan beragama untuk membentuk watak, akhlak dan tingkah laku yang baik sesuai dengan visi misi pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik, walaupun kami menyadari bahwa masih banyak yang belum kami laksanakan.

"Beta terus berkeyakinan dan berusaha dengan sekuat tenaga par biking bae negeri ini, ale dong samua harus baku bantu, bekerjasama dan bekerja bersama-sama biking manis bumi saka mese nusa yang katong punya ini. Sehingga Allah pasti memberikan katong samua. Untuk itu, saya menghimbau kepada kita semua bahwa harus lebih mencintai budaya kita bersama, harus menjaga dan melestarikan dengan segenap kekuatan kita, membangun serta mengembangkannya lebih baik lagi kedepan," himbau Bupati.

Setelah membacakan sambutan bupati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan SBB membuka dengan resmi pagelaran budaya Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon yang ditandai dengan pemukulan tifa bersama Kepala BPNB Ambon secara bersamaan. (DiskominfoSBB)
Bagi ke WA Bagi ke G+