Penerbangan Darwin - Saumlaki Permudah Wisatawan ke Indonesia Timur

Penerbangan Darwin - Saumlaki Permudah Wisatawan ke Indonesia Timur


Penerbangan Darwin - Saumlaki Permudah Wisatawan ke Indonesia Timur

Posted: 02 Jul 2018 09:35 AM PDT

Penerbangan Darwin - Saumlaki Permudah Wisatawan ke Indonesia Timur
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Penerbangan antara Darwin, Northern Territory, Australia dan Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku dinilah mempermudah wisatawan dari Australia dan Pasifik pada umumnya, ke wilayah Indonesia Timur.

"Adanya penerbangan langsung dari Darwin ke Saumlaki diharapkan dapat mampu meningkatkan minat dan mempermudah wisatawan untuk melakukan perjalanan ke bagian Timur Indonesia," ungkap Kepala Perwakilan Republik Indonesia (RI)di Darwin, Dicky D. Soerjanatamihardja dalam surat Penyampaian Permohonan Izin Direct Charter Flight Darwin - Saumlaki untuk mendukung pelaksanaan lomba kapal layar Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 pada Sabtu (30/6).

Menurut dia penerbangan ini meningkatkan potensi kunjungan wisata dari wisatawan mancanegara yang menurut pemerintah pusat harus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

"Membantu mendukung pencapaian target kunjungan turis wisata bahari ke Indonesia yang pada tahun 2019 ditetapkan sebesar 4 juta kunjungan, dengan target kunjungan yacht sebesar 6000," ujar dia.

Dikatakan, penerbangan ini juga meningkatkan interaksi dan pengotimalan potensi kerja sama antara Australia bagian Utara dnegan Kawasan Indonesia Timur, khususnya dibidang pariwisata dan maritim. Dimana isu konektivitas  transportasi udara yang selalu menjadi tantangan dalam upaya peningkatan kerjasama. (Albert Batlayeri)

Puskesmas Saumlaki Akan Lakukan Kampanye Campak

Posted: 02 Jul 2018 09:34 AM PDT

Puskesmas Saumlaki Akan Lakukan Kampanye Campak
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku akan melakukan kampanye Measles Rubella (MR) atau kampanye campak dan campak Jerman pada Bulan Agustus dan September 2018.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Puskesmas Saumlaki, dr. Laura kampanye ini akan dilakukan di seluruh Indonesia, mulai dari pusat hingga ke daerah. 

Kampanye ini sendiri suatu kegiatan imunisasi atau pemberian vaksin baru secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. 

"Mungkin untuk mendapatkan imunisasi lengkap banyak menghadapi kendala sehingga dari pemerintah pusat, provinsi sampai kepada kabupaten akan mengadakan kampanye MR kampanye campak dan campak jerman," ujar dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Sabtu (23/6).

Strategi dari Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) dalam menjaring anak usia bayi hingga balita ke atas adalah di posyandu dan anak usia sekolah adalah langsung berkampanye di sekolah-sekolah. 

"Nanti kami jaring juga di sekolah, memang kita sudah terbiasa juga untuk melakukan bias atau bulan imunisasi anak sekolah dengan kampanye ini berarti digencarkan lagi," ungkap dr. Laura. 

Di Indonesia campak sendiri menjadi sorotan karena menempati urutan ke dua teratas yang harus dicegah dan bahaya dari campak ini jika didiamkan akan mengakibatkan pada kematian. 

Virus Measles adalah virus yang menyebabkan penyakit campak yang juga dapat membawa penyakit lain seperti ruam, batuk, pilek, iritasi mata dan demam. Komplikasinya mulai dari infeksi telinga, pneumonia, kejang, kerusakan otak sampai kematian. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru-paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk.

Sedangkan Virus Rubella dapat menyebabkan campak Jerman dengan gejala berupa ruam, demam ringan dan radang sendi. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menular pada ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rullena Kongenital. (Eva Bembuain)

Antonius Gustav Latuheru Nilai Musik Jadi Identitas Orang Ambon

Posted: 02 Jul 2018 09:16 AM PDT

Antonius Gustav Latuheru Nilai Musik Jadi Identitas Orang Ambon
AMBON, LELEMUKU.COM – Musik adalah identitas diri yang merupakan anugerah dari Tuhan yang diberikan bagi masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Antonius Gustav Latuheru SH, M.Si saat membuka Workshop Formal Music di Ballroom Marina Hotel, Senin (2/7).

Workshop yang mengusung tema Controlling Your Music bertujuan agar para musisi dan pelaku industri musik di Kota Ambon dapat memahami proses produksi musik secara teknis mulai dari pekerjaan produksi, recording, instrument sampai dengan produksi finishing dan mastering sesuai standart profesional.

Mewakili Walikota Ambon, dalam sambutannya Sekkot menjelaskan, sejak dicanangkannya Kota Ambon sebagai Kota Musik di Tahun 2016, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) telah merancang suatu konsep atau program untuk menjadikan Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia versi UNESCO, dimana musik menjadi instrument bagi pembangunan kota untuk mendatangkan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Ambon Music Office (AMO) ini, akan berlangsung selama 2 (dua) hari kedepan.

Hadir mendampingi Sekkot Ambon, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Ambon dan atau yang mewakili, Direktur AMO, Ronny Loppies serta para peserta workshop yang berasal dari Komunitas Musik Kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

KM Rangga Pratama 7 Hilang di Laut Banda

Posted: 02 Jul 2018 08:43 AM PDT

KM Rangga Pratama 7 Hilang di Laut Banda
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM -  Sebuah kapal motor nelayan dilaporkan hilang kontak di Laut Banda bagian utara Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.

Menurut Kepala Syahbandar Saumlaki, Ferra Alfaris, kapal dengan nama KM Rangga Pratama 7 yang dinakhodai Yami Kalvin Saebessy itu sudah hilang sejak 8 Juni 2018.

"KM Rangga Pratama sudah satu minggu keluar dari Ambon, tujuan fishin ground. Hilang kontak dengan posisi terakhir kapal berada pada daerah utara Saumlaki yaitu sekitar pulau Larat," ujar dia kepada Lelemuku.com pada Senin (2/6) malam.

Dikatakan, komunikasi terakhir bersama kapal  dengan 15 orang anak buah kapal  (ABK) yang dimiliki oleh PT. Arabikatama Khatulistiwa Fishing Industry ini  ketika berada di perairan antara Kepulauan Nuslima dan Pulau Maru, Kecamatan Molu Maru, MTB.

"Kontak terakhir, kapal beroperasi pada posisi 06°56' Lintang Selatan (LS) dan 131° 32' Bujur Timur (BT)," ujar dia.

Ia mengharapkan para nelayan serta semua pihak yang dapat membantu mencari kapal tersebut. Serta berharap jika siapa saja yang menemukan kapal tersebut agar dapat memberikan informasinya kepada pihak berwajib.

"Bagi kapal-kapal yang melintas di daerah Kepulauan MTB apabila ada yang menemukan kapal tersebut mohon bantuannya untuk melaporkan ke kami," imbaunya. (Albert Batlayeri)

Pemerintah Pusat Dukung Sail Darwin Saumlaki Yacht Race 2018

Posted: 02 Jul 2018 02:52 AM PDT

Pemerintah Pusat Dukung Sail Darwin Saumlaki Yacht Race 2018
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemerintah Pusat mendukung jalannya pelaksanaan lomba kapal layar antar negara Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 yang dilaksanakan dari Sabtu (30/6) hingga Senin (2/7).

Dukungan tersebut terlihat dari pemberian izin penerbangan dari Darwin, Northern Territory, Australia ke Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku guna menyukseskan lomba tersebut.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan izin penerbangan charter rute Darwin - Saumlaki -Darwin  pada surat bernomor AV.008/3/12/DAV-2018 tertanggal 29 Juni 2018 yang ditandatangani oleh Pelaksana Harian Direktur Angkutan Udara, Anung Bayumurti.

Ia mengatakan, para panitia harus berkoordinasi lanjut dengan pihak-pihak terkait di Bandara dan Pemda setempat, termasuk petugas Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) di Bandara Mathilda Batlayeri. 

Sementara Konsulat RI di Darwin menyatakan Darwin Sailing Club sebagai penyelenggara lomba Darwin-Saumlaki Yacht Race 2018 ini sangat antusias mempromosikan Tanimbar sebagai objek wisata perahu layar dari Australia.

"Saumlaki meruapakan salah satu tujuan wisata perahu layar dari Australia khususnya Darwin, karena letaknya yang tidak jauh, sehingga perjalanan dengan kapal layar hanya memakan waktu sekitar 2 hari," papar Kepala Konsul RI di Darwin, Dicky D. Soerjanatamihardja.

Ia menuturkan, lomba ini memberikan kepuasan tersendiri kepada para pelayar sebab para pelayar mendapat suguhan keramahan dari warga Tanimbar dan panorama alam yang masih asri.

"Selain keindahan dan keadaan alam yang masih natural, sambutan dari masyarakat Saumlaki juga sangat hangat dan ramah. Para pelayar ini bahkan mendirikan organisasi dengan nama 'Friends of the Tanimbars' pada tahun 2013 yang setiap tahunnya melakukan penggalangan dana untuk membantu masyarakat Saumlaki meningkatkan standar kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan pelatihan masyarakat lokal," papar dia.

Dikatakan penerbangan charter Darwin - Saumlaki merupakan upaya peningkatan interaksi dan optimalisasi potensi promosi wisata dan maritim untuk Maluku, bagi masyarakat Australia.

Selanjutnya  Dicky menyatakan para pendiri Darwin Sailing Club, Peter Lockett dan Lucille Panting  juga serius dengan upaya promosi ini, salah satunya dengan mendatangkan pejabat pemerintahan Northern Territory guna melihat potensi kerjasama antar negara ini.

"Pesawat ini juga rencananya akan digunakan untuk mebawa para pejabat dari Northern Territory yang akan turut terlibat pada penyelenggaraan perlombaan ini. Kedatangan para pejabat ini juga diharapkan dapat membantu mengembangkan hubungan perdagangan antara Darwin dan Saumlaki," papar dia.

Dicky menjelaskan, pesawat yang akan mendarat di Saumlaki berjenis Metroliner dari maskapai Hardy Aviation yang menampung 19 penumpang. Pesawat ini dapat mendarat di landasan pacu antara 991 meter hingga 1341 meter.  Sementara landasan pacu Bandara Mathilda Batlayeri sepanjang 1630 meter. (Albert Batlayeri)

Bawaslu Maluku Nilai Hasanuddin Tidak Lakukan Kampanye

Posted: 02 Jul 2018 01:39 AM PDT

Bawaslu Nilai Hasanuddin Tidak Lakukan Kampanye
AMBON, LELEMUKU.COM - Kurangnya alat bukti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku pada Selasa (27/6) memutuskan bahwa mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku, Brigadir Jenderal (Brigjen) Hasanuddin tidak terbukti melakukan kampanye pilkada.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com, hal ini diputuskan setelah muncul dugaan dari tindak pelanggaran Pemilu yang mengarahkan untuk memenangkan salah  satu calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

Penghentian ini diputuskan melalui surat pemberitahuan tentang status laporan, yang diajukan Fac­hri Bachmid Nomor : 08/LP/PG/Prov/31.00/VI/2018, yang ditandatangani oleh Ke­tua Bawaslu Maluku, Abdul­lah Ely tertanggal 27 Juni 2018.

Surat itu menyatakan, berdasarkan penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk maka diberitahukan bahwa status laporan tersebut di­hen­tikan karena setelah dikaji ternyata laporan itu tidak cu­kup bukti untuk ditindak­lan­juti dan tidak terpenuhi unsur pidana.

Sebelumnya, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane dalam rilis mediannya pada Rabu, (20/6) meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mencermati netralitas Polri dalam proses pilkada 2018.

"Di Maluku, ada perwira tinggi Polri berpangkat brigadir jenderal yang aktif melakukan kampanye untuk salah satu pasangan calon kepala daerah," kata Pane dalam rilis tersebut.

IPW khawatir tidak netralnya pejabat tinggi Polri akan memicu konflik di Maluku. Apalagi Maluku menjadi salah satu daerah rawan konflik.

Hal ini ditanggapi tim hukum pasa­ngan Said Assagaff dan And­reas Rentanubun, Fachri Bachmid dengan melaporkan adanya du­gaan tersebut ke Bawaslu. (Albert Batlayeri)

Hotel Incla Saumlaki Sediakan 24 Kamar Berkualitas

Posted: 02 Jul 2018 01:50 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Hotel Incla Saumlaki di Jalan Mathilda Batlayeri menyediakan 24 kamar dengan kualitas layanan terbaik di Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.

Menurut Manager Hotel Incla Saumlaki, Ricky Jauwerissa, pihaknya memiliki 4 tipe kamar yang dapat dihuni oleh para wisatawan, diantaranya tipe standard, tipe superior, tipe deluxe dan tipe president suite.

"24 kamar hotel, restoran  dan laundry jadi layanan utama kami disini," ungkap dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya Saumlaki pada Kamis (28/6).

Dikatakan fasilitas masing-masing kamar diantaranya, untuk Standard, Superior dan Deluxe tersedia breakfast, LCD TV saluran internasional, air panas dan air dingin serta ruang ber-AC.

Perbedaannya hanya pada luas ruangan dan jumlah tempat tidur yakni untuk standard hanya 1 tempat tidur sementara superior memiliki dua tempat tidur dan deluxe memiliki dua tempat tidur terpisah. Sedangkan untuk president suite fasilitas tambahannya adalah sofa dan mini bar yang terletak didalam kamar.

Selain kamar, fasilitas lainnya yang disediakan adalah restoran dengan hidangan khas Saumlaki, Indonesia, menu Asia dan menu Western yang disediakan oleh para chef andalan. Serta layanan laundry yang memberikan kemudahan para pengguna hotel yang ingin pakaiannya bersih selama beraktifitas di Kota Saumlaki. (Anna Aurmatin)
Bagi ke WA Bagi ke G+