Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa

Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa


Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala Desa

Posted: 29 May 2018 03:44 AM PDT

Petrus Fatlolon Lantik Lima Pejabat Kepala DesaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku Petrus Fatlolon, SH., MH melantik lima pejabat Kepala Desa (Kades) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MTB, pada Jumat (25/05).

Dalam sambutannya Bupati Fatlolon meminta kepada ke lima pejabat Kades agar melakukan penjaringan calon Kades hingga melaksanakan pemilihan Kades definitif dengan baik dan aman.

"Bupati Maluku Tenggara Barat mengharapkan para Penjabat  Kepala Desa yang baru dilantik, dapat melakukan penjaringan calon Kepala Desa, dan melaksanakan pemilihan Kepala Desa  Definitive dengan aman dan baik," kata rilis media Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab MTB melalui akun profil Facebooknya.

Selain itu, ia juga berharap agar pejabat Kades dapat memilih Kepala Urusan (Kaur) Desa dan pegawai desa dengan baik agar dikemudian hari tidak bermasalah dengan pengelolahan dana desa.

"Diharapkan juga dapat memilih Kaur dan pegawai dengan baik agar pengelolaan dana desa tidak bermasalah," harap Bupati Fatlolon.

Berikut nama ke lima Penjabat kades yang baru dilantik, diantaranya Efraim Lambiombir sebagai pejabat Kades Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Wilem Timpelabuhan, S.Sos sebagai pejabat Kades Bomaki Kecamatan Tansel, Jefri Ratila sebagai pejabat Kades Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut), Junus F Bafa sebagai pejabat Kades Lingada Kecamatan Wuarlabobar dan Herman Lemosol, S.STP sebagai pejabat Kades Adodo Molu Kecamatan Molu Maru.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Lobby lantai 2 Kantor Bupati MTB dan dihdiri oleh para Satff Ahli, para Asisten,  para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta tokoh agama. (Laura Sobuber)

Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat Menstruasi

Posted: 29 May 2018 03:05 AM PDT

Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau Pentingnya Jaga Kesehatan Diri Saat MenstruasiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, dr. Laura menghimbau kepada para wanita usia produktif, yaitu usia 15 hingga 45 tahun , yang masih mengalami siklus menstruasi agar menjaga kesehatan dan kebersihan diri saat haid.

"Bagi para wanita usia produktif 15 sampai 45 tahun yang masih mengalami menstruasi, sangatlah penting menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Baik kebersihan diri secara keseluruhan maupun kebersihan organ intim wanita," himbau ia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Selasa (29/05).

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam Rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding Rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. Sehingga dr. Laura mengajak agar para wanita dalam masa menstruasi tetap harus menjaga organ kewanitaannya tetap bersih dengan memakai pembalut wanita secara teratur dan menggantinya secara rutin.

"Wanita yang dalam masa menstruasi tetap harus bersih dengan memakai pembalut wanita dan teratur mengganti pembalut pada saat harus ganti pembalut, maksimal mandi 2 kali sehari," katanya.

Ia menuturkan saat sedang menstruasi para wanita disarankan untuk membersihkan area kepala, khususnya rambut dan wajah dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak karena pada masa haid produksi minyak pada wajah dan kulit kepala akan meningkat.

Khusus kepada para remaja harus memperhatikan pola makan agar seimbang, pola istirahat dan aktifitas fisik teratur, agar kesehatan bagian reproduksi saat haid tetap terjaga dan sehat pada masa pertumbuhan.

Serta bagi kaum wanita yang sudah menikah sebaiknya tidak melakukan hubungan intim atau seksual dengan pasangan pada saat haid, karena masa haid mulut rahim sedang terbuka dan adanya media darah menstruasi yang dapat menjadi media penular penyakit, yang berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual (PMS).  

"Saat menstruasi produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala meningkat sehingga harus membersihkan wajah, area kepala dan rambut dengan seksama agar terhindar dari jerawat, flek hitam, ketombe dan kulit kepala berminyak," tutur dr. Laura.

Ia juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kebersihan Menstruasi, yang jatuh tepat di tanggal 28 Mei 2018 kepada seluruh kaum wanita di Kepulauan Tanimbar.

"Selamat Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei 2018," ucap Kepala Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) ini. (Eva Bembuain) 

SKK Migas Pamalu Gelar Lomba Kompetensi Karya Jurnalistik 2018

Posted: 28 May 2018 11:41 PM PDT

SKK Migas Pamalu Gelar Lomba Kompetensi Karya Jurnalistik 2018AMBON, LELEMUKU.COM - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Wilayah Papua dan Maluku (SKK Migas Pamalu) akan menggelar lomba kompetensi karya jurnalistik tahun 2018 mengangkat tema 'Dulu, Kini Dan Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik.'

Menurut Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, Galih W. Agusetiawan lomba untuk wartawan media cetak dan media online di wilayah Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua ini dibuka dari tanggal Rabu (23/5).

"Lomba ini bertujuan mendorong tersediannya sumber informasi untuk publik tentang kiprah industri hulu migas bagi perkembangan wilayah Papua dan Maluku," ujar Galih di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Dikatakan 2 kategori yang dilombakan yaitu straight news dan feature harus sesuai dengan lokasi media tersebut berada. Dengan jumlah tulisan untuk masing-masing kategori maksimal 3 artikel yang pernah dipublikasikan dalam rentang Mei hingga Agustus 2018.

"Tulisan harus relevan dengan tema lomba dan merupakan karya penulis serta belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis," papar dia.

Galih menyatakan besaran hadiah untuk memenang akan disampaikan saat pembukaan lomba resmi diumumkan pada Juni 2018. Sementara pengiriman naskah dan pengumuman hasil lomba pada September 2018. 

Ia mengungkapkan tulisan-tulisan dari para pemenang lomba akan dimasukkan dalam materi buku 'Memoir Kiprah Industri Hulu Migas di Wilayah Papua dan Maluku' yang akan dipublikasikan pada Maret 2019 nanti.

"Hasil karya tulis jurnalistik yang menjadi finalis dalam lomba ini rencananya akan dipublikasikan dalam sebuah buku memoir tentang kiprah industri hulu migas di kawasan Papua dan Maluku. Jurnalis pemenang bisa ikut berpartisipasi dalam tim pembuatan buku Memoir tersebut," jelas dia. (Albert Batlayeri)

Bagi ke WA Bagi ke G+